Makanan Dan Minuman Untuk Mengurangi Gejala Flu: Sup Ayam, Yogurt Hingga Oatmeal

Saat flu, tubuh menjadi mudah untuk dehidrasi. Hal itu dikarenakan tubuh kehilangan air dan keringat saat flu yang diiringi dengan demam.

Untuk itu, tubuh harus terhidrasi untuk membantu meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Berikut adalah jenis makanan dan minuman yang membantu mengurangi gejala flu, dikutip dari Healthline:

1. Kaldu

Kaldu adalah salah satu makanan yang bisa dimakan saat flu.

Kaldu membantu mencegah dehidrasi dan elemen hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan meredakan hidung tersumbat.

2. Sup Ayam

Selain kaldu, sup ayam juga bisa jadi makanan pilihan saat sakit flu.

Baca juga :  Penyebab Kutu Rambut Dan Cara Mencegahnya

Daging ayam mengandung protein dan seng.

Anda juga akan mendapatkan vitamin A dari wortel, dan vitamin C dari seledri dan bawang, dan antioksidan dari tumbuh-tumbuhan.

3. Yogurt

Yogurt adalah sumber probiotik yang baik .

Probiotik adalah bakteri “baik” yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Pastikan untuk memilih yogurt utuh tanpa tambahan gula untuk manfaat nutrisi maksimal.

4. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi penting untukmembantu meningkatkan sistem kekebalan Anda, yang sangat penting ketika Anda sakit.

Tubuh Anda menyerap nutrisi seperti vitamin C lebih efektif dari makanan yang Anda makan.

Makanan yang mengandung vitamin C tinggi antara lain:

Baca juga :  Ahli Sarankan Indonesia Persiapkan Opsi Karantina Hadapi Monkeypox

– Paprika merah atau hijau

– Jeruk atau jus jeruk

– Jus anggur

– Kiwi

– Brokoli

5. Sayuran hijau

Bayam, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat Anda terkena flu.

Mereka adalah sumber berkualitas nutrisi penambah kekebalan tubuh seperti vitamin A, C, E, dan K.

7. Brokoli

Brokoli adalah pembangkit tenaga nutrisi yang dapat bermanfaat bagi tubuh Anda saat Anda terkena flu.

Makan hanya satu porsi akan memberikan vitamin C dan E yang meningkatkan kekebalan tubuh, bersama dengan kalsium dan serat.

Baca juga :  Bahaya Kecubung, Tanaman Yang Sering Disalahgunakan

8. Oatmeal

Saat Anda sakit, semangkuk oatmeal panas bisa menjadi pilihan makanan yang menenangkan dan bergizi.

Oatmeal adalah sumber yang baik dari beberapa nutrisi penambah kekebalan tubuh

9. Jahe

Menambahkan rempah-rempah tertentu ke dalam makanan Anda, seperti jahe dan kunyit , dapat membantu meringankan gejala.

(Tribunnews.com, Widya)