Sistem Pencernaan Jadi Otak Kedua Manusia, Perlu Dirawat Dengan Serat

Pernahkah kamu merasa saat lagi nervous atau stres tiba-tiba mual atau bahkan diare?

Jadi seolah-olah pencernaan kita bisa merasakan apa yang kita rasakan dan bereaksi atas perasaan tersebut.

Inilah mengapa sistem pencernaan kita disebut sebagai “otak ke 2”.

Secara ilmiah, dikutip dari sciencedaily.com, sistem saraf enterik (ENS) dikenal sebagai “otak kedua” atau otak dalam usus karena dapat beroperasi secara independen dari otak dan sumsum tulang belakang yang merupakan sistem saraf pusat (CNS) yang disebut sebagai “otak pertama”.

Berdasarkan bukti yang telah ditemukan, menunjukkan bahwa ENS berkembang sebelum CNS.

Meskipun ENS diketahui berperan dalam menghasilkan aktivitas motorik di usus besar, mengamati neuron ENS merupakan suatu tantangan. Penting banget menjaga sistem pencernaan kita sehat dan bersih.

Mengapa demikian? Ini deretan alasannya.

1. Penyerapan gizi terjadi di sistem pencernaan. Gizi yang membantu aktivitas kita sehari-hari, dan yang mendukung kondisi kesehatan kita secara keseluruhan.

Ketika usus kita kotor maka ia tidak bisa menyerap gizi dengan baik

2. Pencernaan berhubungan langsung dengan kondisi kulit.

Seperti yang dikatakan sebelumnya semua gizi, vitamin dan mineral yang kita konsumsi akan diserap oleh usus dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh darah, termasuk ke kulit kita.

Penelitian yg dilakukan oleh Frontiers in Microbiology memberi informasi keterkaitan antara kondisi sistem pencernaan dengan beberapa masalah kulit seperti jerawat.

Baca juga :  Sering Dianggap Serupa, Ketahui Perbedaan Mag Dengan GERD

3. Saluran pencernaan bertanggung jawab terhadap imunitas tubuh kita.

Mengutip salah satu penelitian dalam jurnal Clinical & Experimental Immunology mengatakan bahwa 70 persen dari sistem imunitas tubuh kita berada di saluran pencernaan. Mengutip perkataan Prof. hiromi Shinya dalam buku Miracle of Enzyme bahwa “Memperbaiki pencernaan adalah jalan pintas untuk meningkatkan Kesehatan, jika usus tidak sehat , secara perlahan tubuh anda dilemahkan dari dalam“ “Banyak sekali risiko kesehatan yang dapat terjadi jika saluran cerna kita tidak sehat alias “kotor”. Yang pertama dan yang paling ditakutkan adalah peningkatan risiko terkena kanker usus besar.

Saluran pencernaan yang tidak sehat juga dapat membuat kita terus menerus ingin makan yang manis-manis, konstipasi, diare, kulit kusam, perubahan suasana hati dan peningkatan BB yang drastis,” kata dr. Patricia Amanda, M.Gizi, Sp.Gk, Dokter Gizi dari Artemisia Women’s & Children’s Clinic, di Jakarta, 29 September 2022.

Lalu bagaimana mengatasi solusi untuk mengatasi masalah pencernaan ini?

Jawabannya dengan mulai menjaga pola makan sehat dan memenuhi kebutuhan asupan serat harian yang jumlah nya 25- 35 gr per hari Serat yang kita konsumsi dapat membantu mengikat sebagian minyak, lemak dan gula dari makanan yang kita konsumsi dan membuangnya lewat BAB.

Baca juga :  Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong: Bisa Menurunkan Berat Badan Hingga Menghilangkan Racun

Serta serat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga dapat mencegah kita makan terlalu banyak. Namun faktanya di jaman sekarang untuk menjaga pola makan adalah hal yang sulit karena setiap harinya kita dikelilingi oleh makanan-makanan yang mengandung minyak, gula tinggi, dan tinggi lemak tidak sehat. Menurut pemaparan dr. Patricia Amanda, M.Gizi, Sp.G, untuk memenuhi asupan 25-35 gr serat per hari dari makanan utuh cukup sulit dilakukan. “ Mengapa? Karena 25-35 gr adalah jumlah yang cukup besar, apabila diilustrasikan setara dengan 8-10 buah pisang, atau 6-7 buah apel dengan kulit per hari.

Sehingga kadang-kadang kita membutuhkan tambahan dari functional food. Jadi sifat dari functional food ini adalah sebagai pelengkap bukan sebagai pengganti kebutuhan serat kita,” kata dr. Patricia Amanda. Dan faktanya studi dari Yale University of Medicine, rata-rata wanita hanya mengkonsumsi setengah dari kebutuhan serat mereka.

Tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi serat setiap hari. Cukupi asupan serat Anda dan keluarga dengan mengonsumsi makanan berserat alami maupun fiber drink yang sudah diperkaya oleh beragam nutrisi.

Salah satu yang membantu mencukupi kebutuhan serat harian adalah DR. HYUN FIBER.

Dengan bahan utama dari psyllium husk , konjac dan inulin, premix vitamin yang jumlah nya -+ 6 gr dalam 1 sachet apabila dikonsumsi 1 hari 2 sachet sudah bisa memenuhi setengah kebutuhan serat harian dengan mudah.

Baca juga :  Tips Agar Anak Aman Bersekolah Dan Terhindar Dari Penularan Hepatitis Akut

Bukan hanya sekedar serat yg ada dalam kandungan DR HYUN tetapi ada kandungan bahan aktif lain yang dapat membantu menjaga kesehatan kita seperti L carnitine yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk pembakaran lemak , mengontrol diabetes tipe 2 , meningkatkan produksi sel darah merah , lalu ada kandungan HCA dari Garcinia Xanthochymus yang dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh dan menghambat pembentukan jaringan lemak dalam tubuh Nah dengan formulasi ingredients yang luar biasa ini DR HYUN FIBER berani memberikan Garansi Uang Kembali 2X Lipat apabila setelah konsumsi rutin selama waktu yg ditentukan tetapi tidak ada perubahan dengan S&K Agar lebih praktis, Anda dan keluarga bisa mendapatkan asupan serat yang cukup setiap hari dengan mengonsumsi fiber drink DR. HYUN .

Karena penyajiannya mudah dan cepat, DR. HYUN bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi 30 menit sebelum makan siang dan makan malam.