Mengenal Apa Itu Overthinking, Atasi Dengan Cara Berikut

Overthinking adalah ketika seseorang memikirkan atau mengkhawatirkan pikiran yang sama secara berulang kali.

Perasaan Overthinking terjadi ketika seseorang terlalu memikirkan suatu hal sebelum membuat keputusan atau mengambil tindakan.

Dikutip dari Good Rx, overthinking dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan gangguan kesehatan mental lainnya.

Overthinking biasanya terbagi dalam kategori yakni merenungkan masa lalu atau mengkhawatirkan masa depan.

Menurut psikoterapis berlisensi di Waltham, Jessica Foley, ciri dari overthingking adalah tidak produktif karena memikirkan sebuah suatu hal dalam waktu yang lama.

“Contohnya mungkin menghabiskan berjam-jam merenungkan keputusan dan mungkin melewatkan tenggat waktu atau kurang tidur.” kata Jessica Foley dikutip dari Good Rx.

Tindakan tersebut akan menjadi tidak sehat, karena akan menganggu aktivitas di kehidupan sehari-hari.

Apakah Overthinking Merupakan Gangguan Mental?

Overthinking bukanlah gangguan mental yang dikenali dengan sendirinya.

Baca juga :  Penyumbatan Pembuluh Darah Di Otak Bisa Jadi Awal Penyakit Stroke, Ini Gejala Hingga Pencegahannya

Namun, penelitian telah menemukan overthinking sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan mental lainnya yakni:

– Depresi

– Gangguan kecemasan

– Gangguan obsesif-kompulsif (OCD)

– Gangguan stres pascatrauma (PTSD)

Tingkat stres, kecemasan, dan depresi yang tinggi dapat berkontribusi pada pemikiran yang berlebihan.

Cara Atasi Overthinking

Overthinking tidak dapat diatasi dengan proses yang cepat, namun dapat dikurangi sedikit demi sedikit dengan cara-cara berikut:

1. Mengetahui Pemicu Overthinking

Sedikit perhatian dapat membantu mengatasi Overthinking.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat jurnal dan tuliskan momen-momen tertentu yang membuat Anda terlalu banyak berpikir atau khawatir.

Setelah beberapa saat, Anda akan mulai memperhatikan pola dan mengenali pemicu overthinking sebelum hal itu terjadi.

Ini akan membantu Anda mengembangkan strategi mengatasi situasi yang Anda tahu akan menyebabkan terlalu banyak berpikir.

Baca juga :  Minum Susu Jadi Bagian Dari Gaya Hidup Sehat Kekinian

2. Mengelola Pikiran

Cara efektif untuk menghilangkan Overthinking adalah dengan menantang kekhawatiran dan perenungan dan melihatnya secara objektif.

Jika pikiran Anda yang terlalu banyak berpikir tidak berguna, maka akan menyebabkan pikiran keluar dapat membuatnya lebih mudah untuk dikelola.

3. Meminta Bantuan dari Teman

Dapatkan beberapa perspektif tentang suatu masalah dengan meminta teman terdekat untuk mempertimbangkan pemikiran mereka dan memberitahu Anda ketika Anda tampak buntu.

Pilih teman secara benar dan pastikan teman Anda sudah tahu cara mengatasi Overthinking.

4. Menggerakan Tubuh

Olahraga dapat membantu mengatasi Overthinking kronis.

Gerakan fisik juga dapat membantu mengalihkan sistem saraf Anda dari mode fight-flight-freeze.

Ini dapat membantu menenangkan perenungan terkait trauma yang Anda alami.

5. Meminta Bantuan Seorang Profesional

Jika Overthinking dirasa sudah melebihi batas, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau seorang yang profesional dalam mengatasi kesehatan mental.

Baca juga :  6 Menu Sarapan Sehat Anti Perut Buncit, Dari Telur, Oatmeal Hingga Flax Seed Cocok Untuk Diet!

Selain masalah kesehatan mental, stres yang timbul karena terlalu banyak berpikir dapat menyebabkan gejala kesehatan fisik yakni:

– Sakit kepala

– Kelelahan

– Masalah pencernaan seperti mual atau diare

– Sulit tidur

Jika Anda kesulitan mengatasi pikiran yang berlebihan, terapis atau konselor dapat membantu Anda mempelajari strategi koping untuk mengelola ruminasi.

Mereka juga dapat membantu mengidentifikasi dan mengobati penyebab yang mendasari pemikiran berlebihan, seperti kecemasan atau depresi.

(Tribunnews.com/Enggar Kusuma)