Mitos Atau Fakta, Konsumsi Micin Bisa Sebabkan Kebodohan Dan Obesitas? Berikut Penjelasan Dokter

 Mungkin sering terdengar celetukan orang yang menyatakan jika konsumsi monosodium glutamate (MSG) alias micin bisa sebabkan kebodohan dan obesitas.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Arti Indira MGz SpGK FINEM, informasi tersebut tidaklah benar. Karena hingga saat ini belum ada bukti jika micin dapat menyebabkan kebodohan. Atau, berhubungan dengan obesitas.

“Sampai sekarang tidak terbukti MSG menyebabkan kebodohan atau berhubungan dengan obesitas,” ungkapnya pada seminar virtual, Selasa (6/9/2022).

Baca juga :  Dunia Kedokteran Tak Mengenal Testimoni Kesembuhan

Obesitas, kata dr Arti tidak hanya disebabkan oleh satu faktor tunggal. Ada banyak penyebab kenapa terjadinya obesitas.

Bisa saja, karena penggunaan MSG atau micin, makanan jadi lebih sedap. Sehingga timbul keinginan untuk makan dengan porsi besar.

Sehingga dapat dikatakan jika yang menjadi penyebab obesitas bukan hanya karena MSG, melainkan konsumsi kalori berlebihan.

Baca juga :  Mengatasi Jerawat Dengan Menjaga Kesehatan Kulit Dari Dalam

“Kalau tunggal tidak ada mengarah ke situ. Silakan gunakan MSG secukupnya.Di sisi lain, lidah kita didesain canggih. Kalau Konsumsi berlebihan biasanya tubuh akan menolak,” papar dr Arti lagi.

Menurut dr Arti, selagi belum berlebihan dan tidak ada rasa pahit yang ditimbulkan, maka silakan gunakan micin. Asal dengan takaran yang normal. Micin juga bisa digunakan untuk mengurangi konsumsi garam sehari.

Baca juga :  Tips Dari Dokter, Agar Anak Tetap Bugar Dan Sehat Di Musim Hujan

Kalau belum rasa pahit, belum berlebihan silakan gunakan apa lagi untuk mengurangi konsumsi garam sehari-hari.