Nyeri Tulang Belakang Atau Lutut Bisa Jadi Indikasi Munculnya Penyakit, Ini Penjelasan Dokter

Nyeri tulang belakang serta nyeri pada area lutut merupakan masalah umum yang banyak dialami oleh orang dewasa.

Rasa nyeri di area tulang belakang adalah akibat aktivitas sehari-hari, sedangkan nyeri yang terjadi pada area lutut umumnya disebabkan oleh trauma atau cedera.

Meskipun keduanya bukanlah hal yang berbahaya, namun nyeri yang berkelanjutan dan berkepanjangan bisa menjadi indikasi masalah kesehatan lainnya.

Salah satu masalah yang berkaitan dengan rasa nyeri di area tulang belakang hingga lutut adalah saraf terjepit, tumor, hingga osteoporosis atau pengapuran tulang.

Lalu, bagaimana cara membedakan nyeri yang berbahaya dan tidak? pengobatan apa yang tepat untuk atasi rasa nyeri?

Dokter Ketut Ngurah Gunapriya mengatakan, nyeri pada tulang belakang dan lutut merupakan masalah umum yang dapat terjadi pada siapa saja.

Masalah tersebut juga dapat muncul akibat aktivitas sehari-hari.

Baca juga :  Kenali Gejala Dan Penyebab Selesma Lengkap Dengan Langkah Pencegahannya

“Namun, bukan berarti rasa nyeri yang muncul ini dapat Anda tidak gubris. Apalagi, nyeri juga dapat menjadi indikasi munculnya penyakit tertentu. Oleh karena itu, jika Anda mengalami rasa nyeri yang berkepanjangan dalam waktu yang lama, segeralah memeriksakan diri dengan dokter,” kata Ketut dalam keterangannya, Sabtu (3/9/2022).

Sebagian besar kasus nyeri terjadi akibat adanya aktivitas fisik yang berat dan nyeri tersebut biasanya tidak berbahaya.

“Biasanya gejalanya rasa nyeri biasanya datang di salah satu sisi tubuh saja, dapat ditunjuk lokasinya, rasa sakit/nyeri yang muncul biasanya akan hilang dalam beberapa hari atau beberapa minggu saja,” kata dokter spesialis anestesi konsultan intensive care yang berpraktek di KL Klinik di Jakarta Barat.

KL Klinik di Jakarta Barat ini memiliki dokter spesialis professional, fasilitas modern tanpa pembedahan untuk atasi nyeri dan pasien yang mendapat pelayanan akan lebih nyaman saat menjalani proses pengobatan sehingga dapat fokus dalam pemulihan.

Baca juga :  Rambut Rontok Bisa Jadi Penanda Kekurangan Vitamin D, Ini Cara Praktis Deteksi Dini

Lebih lanjut Ketut mengatakan, beberapa tanda yang bisa mengindikasikan rasa nyeri yang berbahaya pada tubuh seperti nyeri muncul cenderung lama dan berkepanjangan, nyeri terasa menjalar ke area lain, misalnya dari pinggang ke kaki.

“Nyeri yang disertai dengan gejala lainnya, seperti pusing, mual, hingga penurunan berat badan patut diwaspadai,” katanya.

Rasa nyeri dapat terjadi di semua area bagian tubuh, termasuk tulang belakang dan lutut.

Banyak pasien mengalami nyeri di area tulang belakang hingga lutut akibat adanya kekakuan pada otot, saraf terjepit, hingga gangguan tulang lainnya.

“Jika nyeri masih terasa ringan, pasien dapat melakukan terapi sederhana yang dapat dilakukan di rumah,” kata Ketut.

Pengobatan nyeri yang dapat pasien lakukan di rumah adalah dengan cara RICE.

Baca juga :  Amankah Bawa Bekal Makanan Dengan Wadah Plastik Saat Mudik? Begini Penjelasan Dokter

“Yaitu, rest atau dengan cara mengistirahatkan otot yang terasa nyeri, Ice atau kompres dengan es batu pada area nyeri, Compress atau bebat dengan perban atau kain elastis, Elevate atau posisikan area nyeri lebih tinggi saat duduk atau berbaring,” katanya.

Pada kasus nyeri yang sudah berkepanjangan atau kronis, perlu dilakukan pengobatan dengan bantuan medis.

“Dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan, dokter dapat membantu mengidentifikasi masalah hingga melakukan pengobatan atau tindakan terapi yang tepat pada masalah nyeri yang pasien alami,” katanya.