Tidak Semua Penyakit Perlu Obat Antibiotik

Tidak semua penyakit perlu obat antibiotik. Hal ini disampaikan oleh dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia.

Menurut Santi, obat antibiotik diberikan untuk menangani infeksi akibat bakteri.

Menurut dr Santi, rata-rata sakit yang dialami oleh masyarakat disebabkan oleh virus. Di antaranya seperti flu, Influenza dan sebagainya.

“Jarang disebabkan bakteri. Misalnya infeksi telinga, kebanyakan virus. Diare, sering salah makan. Kebanyakan karena virus atau keracunan makanan,” ungkapnya pada siaran Radio Sonora FM, Minggu (4/9/2022).

Baca juga :  Puasa Berdampak Positif Pada Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid-19

Beberapa penyakit di atas tidak membutuhkan antibiotik. Namun hanya membutuhkan daya tahan tubuh baik. Bisa dengan istirahat cukup, makan teratur dan beristirahat.

“Namun, apabila diperlukan, misalnya dalam perkembangan penyakit kemudian tambah parah. Atau, demam tidak turun, gejala pun tidak hilang, maka mungkin membutuhkan antibiotik,” papar dr Santi.

Karena mungkin penyakit awal disebabkan oleh virus. Seperti radang tenggorokan, tapi karena daya tubuh yang jelek, masuklah bakteri panthogen dan ikut menyerang tubuh.

Baca juga :  Ketahui Tanda-tanda Lever Bermasalah

Selain itu, dr Santi pun menerangkan ada beberapa penyakit yang sejak awal memang membutuhkan antibiotik. Misalnya Tuberkolosis atau TBC Paru-Paru. Bisa juga Tifus dan sebagainya.

“Kalau dari awal diketahui penyakit disebabkan oleh bakteri, maka jangan ditunda. Langsung kasih antibiotik,” ujarnya.