Cegah Kanker Prostat, Ketahui Frekuensi Ideal Berhubungan Intim Dengan Pasangan

Banyak orang menyakini sering berhubungan intim atau berhubungan seks dapat mencegah kanker prostat.

Bahkan ada penelitian yang menyebut berhubungan seks 21 kali dalam sebulan dapat mencegah 30 persen terkena kanker tersebut.

Merespons hal ini Dokter Spesialis Urologi yang berpratik di RS Bunda Jakarta dr Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU (K), PhD, mengatakan, penelitian itu belum bisa diyakini 100 persen.

Pasalnya, masih memerlukan pembuktian ilmiah dengan subyek yang lebih banyak.

Baca juga :  Waspada! Ibu Hamil Berisiko Idap Hipertensi

“Kalau kita bilang hati-hati, karena belum ada penelitian kausalitas karena itu hanya dikumpulkan orang, dicoba dibuatlah analisis itu bisa saja,” kata dia dalam kegiatan virtual, Kamis (1/9/2022).

Namun berkaca dari kamar pratiknya, dokter Agus mengatakan, ada seorang pasien berobat peradangan prostat karena lebih dari 21 kali berhubungan seks dalam sebulan.

“Hubungan seks 21 kali sebulan tidak sehat. Malah ada pasien saya yang lebih dari 21 kali datang karena keluhan peradangan prostat. Maka logikanya semakin sering bisa cegah kanker prostt tidak bisa seperti itu,” ujar dokter Agus.

Baca juga :  8 Jenis Cedera Lari Yang Paling Umum Terjadi Dan Cara Pencegahannya

Ia menyarankan bagi pasangan suami istri untuk melakukan hubungan seksual secara rutin yakni 1-2 kali dalam seminggu.

“Jadi enggak tiap hari. Idealnya itu berhubungan seksual yang disebut rutin, 1-2 kali dalam seminggu,” kata dia.

Selain itu menjaga gaya hidup dengan makan bergizi seimbang, rajin berolahraga, diet yang benar, juga manajemen stres yang baik.

Baca juga :  Santap Hidangan Saat Hari Raya, Ini Ragam Makanan Pencegah Kolestrol Saat Lebaran

“Serta kebiasaan medical check up yang lengkap. Sehingga jika terdeteksi dini, maka penangangannya juga lebih cepat dan tidak berlanjut sampai ke stadium yang lebih parah,” ungkap dokter Agus.