Dokter Spesialis Anak Sebut Mandi Terlalu Lama Tidak Disarankan, Begini Alasannya 

Sama seperti ibu pada umumnya, artis Nagita Slavina juga pernah kesulitan saat meminta anak pertamanya, Rafathar untuk mandi.

“Anak aku pertama udah banyak alasannya. Sebagai orangtua tidak berhenti untuk ngingetin. Nanti banyak penyakit ini dan itu. Makanya selalu dibiasakan baru pulang langsung masuk ke kamar mandi. Kalau duduk dulu, banyak alasannya,” kata Nagita dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/9/2022).

Baca juga :  Tips Aman Bagi Penderita Asam Lambung Berpuasa Di Bulan Ramadan

Sedangkan Rayyanza, karena masih bayi, tidak begitu sulit mengajaknya mandi. Nyatanya, Nagita, kedua anaknya sama-sama suka air dan berenang.

Sehingga saat mandi waktu yang dihabiskan cukup lama ,dan justru paling susah untuk berhenti.

Di sisi lain, menurut Dokter Spesialis Anak, dr Devie Kristiani SpA pun memberikan tanggapan, mandi terlalu lama tidak disarankan.

“Mandi sangat penting karena menjaga kebersihan. Tapi sebetulnya tidak terlalu disarankan. Karena akan menyebabkan kulit anak menjadi kering apalagi menggunakan banyak sabun,” paparnya pada acara yang sama.

Baca juga :  BPOM Imbau Masyarakat Tak Komsumsi Kinder Joy Sampai Hasil Uji Sampling Keluar

Mandi terlalu lama juga membuat permukaan kulit pecah-pecah dan mempermudah masuk kuman dan sebagainya.

Sehingga, dianjurkan mandi dengan waktu secukupnya. Dr Devie pun memberikan tips agar anak mau mandi tidak terlalu lama.

“Bikin perjanjian dulu, nanti adek mandi lima menit ya, habis itu main yang lain. Janjikan aktivitas yang menyenangkan untuk anak. Sehingga ada pengertian terlebih dahulu,” pungkasnya.