Hemorrhoid, Penyakit Wasir Yang Kerap Dipandang Aib: Lakukan Deteksi Sejak Dini

Hemorroid atau penyakit wasir selama ini menjadi penyakit yang kurang mendapat perhatian di masyarakat. Sebagian orang menganggap wasir atau ambeien sebagai aib bagi penderitanya.

Di acara diskusi membedah seluk beluk penyakit ini lewat Instagram Live, dr. Roys A. Pangayoman, Sp. B., dokter spesialis bedah dari MRCCC Siloam Semanggi, Jakarta, menjelaskan wasir merupakan penyakit yang terjadi di daerah anus, ditandai dengan adanya pembuluh darah yang bengkak dan meradang, sehingga mengakibatkan pendarahan.

Meski begitu, wasir pada hakekatnya bukanlah penyakit yang berisiko kematian.

“Adanya ketidaknyamanan pada saat buang air besar dan ketika duduk, bahkan disertai benjolan, rasa gatal, maupun pendarahan. Wasir biasanya terjadi karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan juga Obstipasi. Wasir dapat dialami oleh setiap kita,” ujar dr. Roys.

Baca juga :  Bahan-bahan Alami Di Rumah Yang Ampuh Atasi Penyakit Maag

Pada pasien hemorrhoid, penanganan wasir dapat dilakukan sesuai dengan tingkat keparahannya.

“Pada kasus dengan benjolan yang bengkak yang sudah keluar dari anus, operasi menjadi cara atau terapi yang paling efektif dibandingkan penyembuhan dengan obat saja. Metode operasi wasir terus berkembang di dunia kedokteran,” jelas dr. Roys.

Berbicara mengenai metode operasi, dr. Roys menjelaskan, operasi wasir bisa menggunakan metode dengan rasa sakit yang minimal. Dg-HAL RAR, yaitu Doppler Guide Hemorrhoid Artery Ligation Recto Anal Repair menggunakan doppler ultrasound untuk mendeteksi sumber pembuluh darah penyebab wasir.

Baca juga :  Ciri-Ciri Hamil Yang Umum Dirasakan, Mulai Dari Kram Hingga Sakit Punggung

Metode operasi Dg-HAL RAR merupakan tindakan penjahitan tanpa pemotongan yang dapat mengurangi aliran darah berlebih ke anus dan membantu wasir kempis dengan sendirinya.

“Dibandingkan metode operasi lainnya, Dg-HAL RAR menjadi metode operasi wasir ter-update dengan keuntungan speedy recovery dan less pain,” jelasnya.

Perbaiki Gaya Hidup: Banyak Makan berserat

Di sisi lain, faktor gaya hidup juga mempengaruhi, baik dari segi antisipasi maupun proses penyembuhan. Setelah operasi, mungkin saja pasien mengalami keluhan hemorroid kembali.

Baca juga :  Cegah Heat Stroke Pada Saat Musim Haji

Karena itu, memperkaya asupan serat sangat penting. Begitu juga aktivitas olahraga teratur dan minum air mineral yang juga wajib dipenuhi.

Hindari mengangkat barang terlalu berat dan duduk terlalu lama. Pada saat Buang Air Besar (BAB), hindari mengejan terlalu keras dan pastikan setelah BAB segera keringkan daerah anus.