5 Cara Mengurangi Lemak Visceral Yang Berbahaya Untuk Kesehatan

Obesitas adalah masalah kesehatan utama yang ditandai dengan penumpukan lemak tubuh yang berlebihan.

Setiap kali mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dikeluarkan, maka itu akan menjadi lemak.

Terutama lemak visceral yang menjadi penyebab paling umum dari diabetes tipe 2, perubahan lemak darah dan hipertensi.

Lemak ini bisa ada di dekat hati, pankreas, ginjal, usus, juga di daerah pinggang yang paling berbahaya bagi kesehatan.

Anggota Dewan Penasihat Nutrisi Herbalife Nutrition Dr. Rimbawan mengatakan, obesitas visceral juga berkaitan dengan pembentukan batu kandung empedu, hati berlemak, sleep apnea atau gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang terhenti sementara, perubahan memori karena usia dan bahkan beberapa kanker.

“Kondisi ini juga dapat muncul karena alasan lain, sehingga mengatasi obesitas tidak serta merta mengurangi atau menghilangkan risiko kesehatan,” kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (17/8/2022).

Baca juga :  Long Covid-19 Dapat Kenai 30 Persen Pasien Yang Terinfeksi, Berikut Penanganannya

Ada banyak alat untuk mendiagnosis dan mengukur obesitas visceral, termasuk USG, computed tomography, dan banyak lagi.

Namun pengukuran yang paling mudah diperoleh adalah lingkar pinggang. Saat ini, pita pengukur bahkan lebih penting untuk memperkirakan status kesehatan seseorang daripada skalanya.

Untuk mengukur lingkar pinggang dengan benar, maka individu dapat berdiri, perimeter terbesar antara tulang rusuk terakhir dan lambang tulang iliaka (bagian paling atas pinggul) harus digunakan.

Pria, pinggang rata-rata tidak boleh berukuran lebih dari 37 inci (94 cm).

Sementara wanita, maksimum yang disarankan adalah 31,5 inci (80 cm). Setiap kali angka-angka ini lebih besar dari 40,2 in. (102 cm) untuk pria dan 35 in. (88 cm) untuk wanita, ada risiko yang sangat tinggi untuk mengembangkan diabetes atau penyakit kardiovaskular.

Baca juga :  Gejala Kanker Payudara, Muncul Benjolan Hingga Ada Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Berikut ada 5 tips untuk mengurangi obesitas visceral:

1. Olahraga aerobik dan anaerobik secara teratur, termasuk berjalan, menari, berenang, dan bersepeda sesering mungkin.

2. Peningkatan konsumsi protein bernilai tinggi (kedelai, telur, dan daging tanpa lemak).

3. Sertakan sumber serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik dengan sifat antioksidan dalam makanan sehari-hari. Karbohidrat yang baik, yang memiliki indeks glikemik rendah, juga sangat penting.

4. Hindari kelebihan kalori dari gula sederhana, minuman berpemanis gula, dan makanan berlemak.

5. Dan yang paling penting mengelola stres dan tidur yang baik juga penting untuk melawan obesitas visceral.

Baca juga :  Apa Itu Sternum? Tulang Penghubung Rusuk Dan Selangka

“Jadi pentingnya mengatur pola makanan dalam jumlah sesuai kebutuhan tubuh, dengan menerapkan gizi yang seimbang dalam setiap menu makanan yang kita konsumsi seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayur disertai penurunan konsumsi daging, konsumsi protein bermutu tinggi,” kata Rimbawan.

Juga penuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi cairan setara 8 gelas air, selain itu perlu meperhatikan asupan beberapa vitamin dan mineral. Semua itu dapat berdampak positif pada kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan di masa mendatang.