Ragam Manfaat Mandi Air Hangat Dari Tinjauan Medis

Mandi dengan air hangat sangat direkomendasikan bagi siapa saja karena mandi dengan air hangat mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh maupun psikis.

Praktisi kesehatan dr. M Berian Rachmanadi mengatakan mandi dengan air hangat mampu melancarkan peredaran darah.

“Mandi dengan air hangat bisa digunakan oleh bayi, anak-anak hingga lansia. Air hangat membuat pembuluh kulit jadi melebar, mandi dengan air dingin membuat pembuluh menyempit,” ujar dr M Berlian Rachmanadi di acara talkshow peluncuran perangkat pemanas air Rheem X-Well Series yang diselenggarakan PT Dewata Vulcanindo Suryajaya di Jakarta, Senin (8/8/2022).

Dokter Berian menjelaskan, mandi air hangat juga dilakukan pada mereka yang sudah lanjut usia alias lansia.

“Pada lansia, perubahan dari pembuluh yang memgempis ke mengembang tidak bisa cepat. Karena itu lansia disarankan menggunakan air hangat saat mandi,” jelasnya.

Dijelaskan, manfaat mandi dengan air hangat saat pagi hari, suhu tubuh meningkat, pembuluh darah melebar, aliran darah menjadi lebih lancar.

Mandi air hangat pada pagi hari juga membantu membuka jalan nafas, dahak di hidung menjadi lebih encer dan bisa meredakan gejala batuk pilek dan gangguan pernafasan atas.

Baca juga :  Tidak Semua Penyakit Perlu Obat Antibiotik

Sementara, mandi dengan air hangat pada malam hari juga mendatangkan manfaat bagi tubuh dan memperbaiki mood.

“Manfaat mandi malam membawa tubuh menjadi lebih rileks, lebih nyaman saat menjelang tidur malam,” ujarnya.

“Mandi air hangat malam hari bisa membangkitkan hormon endorfin yang berperan ketika kita merasa bahagia, dan nyaman dan rileks,” imbuh dr Berian.

“Mandi air hangat malam juga membuat pori pori lebih terbuka dan kotoran yang menempel di kulit mudah terbuang,” sebutnya.

Lalu, pada suhu berada mandi air hangat yang paling ideal?

Dokter Berian menjelaskan, para dokter spesialis kulit menyarankan mandi dengan air hangat pada suhu di bawah 40 derajat celcius atau di rentang 37 sampai 38,3 derajat agar bisa mendapatkan manfaat maksimum dari air hangat.

Dia juga memperingatkan, kebiasaan mandi dengan air yang terlalu panas bisa merusak kelenjar minyak di permukaan kulit yang berguna sebagai pelembab alami kulit.

“Selain itu juga bisa memicu kulit kering dan iritasi, kulit perih. Jika kulitnya jenis senaitif, bisa gatal. Jadi mandi dengan air hangat suhunya harus tepat,” sarannya.

Baca juga :  Lima Olahan Buah Yang Perlu Dihindari Penderita Diabetes

Selebriti Agatha Suci mengaku memiliki kebiasaan berendam dengan air hangat untuk meredam stres di tengah aktivitas hariannya yang padat.

Dia mengaku, dengan rutin berendam dia bisa mengelola stres. “Saya jadi bisa kelola stres dan menyiasatinya dengan rutin mandi dengan air hangat,” ujarnya.

Setiap selesai mandi dengan air hangat, dia meraskan efek rileks. Begitu juga jika dia mandi dengan air hangat pada malam hari, kualitas tidur malamnya menjadi lebih nyenyak.

Pemanas Air

Terkait dengan kebutuhan mandi dengan air hangat ini, Devid Suryawan, Head of Retail PT Dewata Vulcanindo Suryajaya menilai hal tersebut sudah menjadi gaya hidup sekaligus kebutuhan di masyarakat saat ini demi menjaga kesehatan fisik dan mental di tengah pandemi, sekaligus mengatasi stres dan kepenatan sehari-hari.

Karena itu, pihaknya menawarkan solusi pemanas air listrik untuk pemakaian di rumah tangga buatan Rheem dari XWell Series.

Pemanas air ini dirancang dengan teknologi Diffuser RheemHot eksklusif yang sanggup menghasilkan air panas lebih banyak dan lama serta menjaga temperatur suhu air tetap terjaga secara konstan selama mandi dengan air hangat.

Baca juga :  Anak Pilek Dan Batuk, Bagaimana Membedakannya Dengan Gejala Omicron? Ini Penjelasan Dokter

Ada 2 varian Rheem XWell Series yaitu Rheem XWell Cube Series dan Rheem XWell Slim Series dengan desain baru yang melengkung, ramping, dan canggih dan dilengkapi lapisan enamel RheemGlas pada tangki bagian dalam untuk melindungi dari risiko korosi.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan RheemFoam, busa poliuretan bebas CFC yang 25 persen lebih tebal untuk mempertahankan daya tahan panas yang lebih lama dan mempersingkat proses pemanasan di dalam tangki.

Perangkat ini menggunakan elemen pemanas Incoloy 840 untuk mencegah erosi bahkan dalam kondisi air yang paling ekstrem, sehingga membuat pengguna bisa mendapatkan air hangat yang berkelanjutan.

elain itu juga terlindung dari benda padat dan cipratan air karena dilengkapi dengan IP Rating IP24 serta dukungan garansi 8 tahun untuk tangki dan elemen pemanas dan 2 tahun spare parts dan ongkos kerja.