Kenali 5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan dampak kesehatan yang serius pada tubuh.

Mulai dari bayi, anak atau orang dewasa memerlukan kebutuhan vitamin D yang berbeda-beda.

Misalnya bayi asupan harian vitamin D sebanyak 10 mikrogram atau 400 IU (international unit).

Sementara itu, anak dan dewasa membutuhkan 15 mikrogram atau 600 IU. Lalu, lansia membutuhkan sekitar 20 mikrogram atau 800 IU.

Ada banyak faktor mengapa seseorang dapat kekurangan vitamin D, seperti kurang paparan sinar matahari, kegemukan, atau tak tercukupinya vitamin dari nutrisi sehari-hari.

Berikut tanda-tanda orang kekurangan vitamin D yang dikutip dari womenshealth dan prevention :

1. Depresi

Baca juga :  Cara Menjaga Mental Health, Dilengkapi Kebiasaan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Diagnosa depresi sebenarnya sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin D. Hubungannya belum jelas. Para pakar kesehatan memperkirakan, mineral vitamin D mungkin bekerja di bagian otak yang sama dan mempengaruhi hormon yang sama seperti serotonin – yang memiliki efek terhadap suasana hati seseorang.

2. Rasa Sakit Kronis

Penderita artritis dan fibromyalgia atau kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon, mungkin juga kekurangan vitamin D. Karena kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan rasa sakit pada otot dan sendi.

Vitamin D yang cukup juga bisa mencegah rasa pegal setelah berolahraga dan mempercepat pemulihan otot.

Baca juga :  Mengkonsumsi Obat Sakit Maag Dari Warung, Amankah? Berikut Penjelasan Dokter

3. Patah Tulang

Massa tulang berhenti tumbuh di usia sekitar 30 tahun. Kurangnya vitamin D bisa mempercepat atau memperburuk gejala osteoporosis, hal ini berdasarkan studi yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition.

Hampir tidak mungkin untuk mencukupi kebutuhan vitamin D hanya melalui makanan. Vitamin D juga harus diperoleh melalui sinar matahari dan suplemen.

4. Letih

Otot yang kuat bukan hanya berkat asupan zat besi. Kekurangan vitamin D bisa membuat kerap merasa letih, walau sudah istirahat dan tidur dengan cukup. Vitamin D yang cukup bisa membuat merasa lebih kuat, berapupun usia.

Baca juga :  Cara Menghadapi Anak-anak Yang Suka Pilih-pilih Makanan

5. Keringat Berlebih

Sulit untuk mendeteksi pada bayi yang baru lahir akan kekurangan vitamin D. Tanda pertamanya adalah kening yang berkeringat.

Hal yang sama berlaku untuk orang dewasa. Jadi jika kening terus bekeringat, sementara suhu tubuh Anda normal, tidak ada salahnya melakukan tes vitamin D di dokter.