Rutinitas Padat? Yuk Mulai Konsumsi Kunyit! Kamu Pasti Akan Rasakan 4 Manfaat Ini

Di tengah padatnya rutinitas, menjaga kesehatan merupakan hal yang seharusnya tidak diabaikan. Meski dengan jadwal yang begitu sibuk, ada berbagai cara mudah yang dapat Anda lakukan agar kondisi tubuh tetap terjaga, salah satunya dengan mengonsumsi kunyit.

Kunyit adalah salah satu jenis rempah-rempah yang penggunaannya tak asing bagi masyarakat Indonesia, terutama sebagai bahan bumbu dapur. Kunyit juga dikenal sebagai tanaman herbal yang kaya akan manfaat kesehatan sehingga sering kali digunakan sebagai salah satu bahan dasar obat tradisional.

Dilansir dari Alodokter, 100 gram kunyit mengandung 10 gram protein, 168 miligram kalsium, 1 miligram vitamin C, hingga 55 miligram zat besi. Selain itu, rimpang kunyit memiliki kandungan kurkumin yang juga berperan dalam membawa berbagai manfaat kesehatan pada tubuh.

Dengan berbagai kandungan di atas, mengonsumsi kunyit secara rutin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, terutama bagi Anda yang memiliki segenap kesibukan, di antaranya:

1. Menjaga daya tahan tubuh

Jika Anda menjalankan rutinitas yang sibuk setiap harinya, maka menjaga imunitas atau daya tahan tubuh jadi hal yang utama. Agar lancar beraktivitas, Anda perlu mencegah berbagai penyakit agar tak menghampiri tubuh Anda.

Tak perlu khawatir! Anda dapat menjaga daya tahan tubuh secara mudah dan alami dengan mengonsumsi kunyit. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kunyit adalah bahan alami bermanfaat yang dapat meningkatkan fungsi daya tahan tubuh.

Dengan kandungan senyawa antioksidan, antivirus, antiinflamasi, serta antibakteri, mengonsumsi kunyit akan membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dalam melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

Baca juga :  Sederet Manfaat Nanas Untuk Kesehatan: Melancarkan Pencernaan Hingga Kurangi Risiko Kanker

2. Meringankan rasa sakit ketika menstruasi

Bagi wanita karir maupun ibu rumah tangga, salah satu hal yang kerap menjadi kendala saat beraktivitas adalah rasa sakit ketika datang bulan atau menstruasi. Ada beberapa cara untuk meringankan rasa sakit tersebut, salah satunya adalah dengan mengonsumsi kunyit, yang konon sudah menjadi warisan turun temurun sejak zaman nenek moyang.

Mengutip Sehatq, dalam penelitian yang diterbitkan di Biomedical and Pharmacology Journal disebutkan bahwa kurkumin beserta essential oil, antosianin, dan tanin yang terdapat dalam kunyit berfungsi menghambat dan mengurangi produksi hormon pemicu rasa sakit di tubuh, yakni prostaglandin, ketika haid.

Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat sebagai pereda nyeri alami atau analgesik dalam meredakan rasa sakit kram yang umumnya dialami wanita selama datang bulan.

3. Mengatasi gangguan saluran pencernaan

Kendala lain yang terkadang Anda alami ketika beraktivitas adalah gangguan pencernaan. Saat sedang sibuk, permasalahan ini bahkan bisa menjadi penyebab utama menurunnya produktivitas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mulai mengonsumsi kunyit secara rutin.

Kandungan kurkumin dalam kunyit memang memiliki beragam manfaat, tak terkecuali untuk mengatasi masalah saluran pencernaan. Penelitian dari Singapura yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 menunjukkan bahwa kunyit bermanfaat mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang dapat menyebabkan permasalahan BAB jangka panjang.

Terlebih lagi, kunyit juga berfungsi mengatasi dispepsia, tukak lambung, pankreatitis, serta mendorong buang air kecil secara teratur.

4. Mengatasi dan mencegah maag

Yang terakhir namun tak kalah penting, mengonsumsi kunyit secara rutin juga dapat membantu dalam mencegah dan mengatasi gangguan lambung seperti maag. Bagi yang memiliki penyakit maag, mungkin Anda telah beberapa kali merasakan terganggunya rutinitas dikarenakan gangguan pada lambung tersebut.

Baca juga :  Konsumsi Herbal Dan Multivitamin Berisiko Sebabkan Gangguan Lambung

Untuk dapat mencegah dan mengatasinya, Anda dapat mulai mengonsumsi kunyit yang memang dikenal bermanfaat sebagai obat gangguan pencernaan alami, termasuk juga maag.

Sebuah penelitian dalam jurnal Systematic Reviews menyebutkan bahwa kunyit dapat bekerja mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag. Dalam hal ini, kurkumin dalam kunyit berperan mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih. Karena itulah, kunyit turut bermanfaat dalam mencegah serta mengatasi penyakit maag!

Kini, Anda bisa mendapatkan manfaat kunyit tersebut secara mudah dan praktis dengan mengonsumsi Sido Muncul Sari Kunyit, varian herbal dari Sido Muncul Natural yang dibuat dari ekstrak kunyit berkhasiat untuk memelihara kesehatan lambung dan meringankan gangguan lambung, seperti kembung, maag, dan masalah pencernaan lainnya.

Tiap kapsul Sido Muncul Sari Kunyit mengandung ekstrak kunyit berkualitas dengan zat aktif kurkuminoid terstandar. Hadir dengan varian baru, yaitu soft capsule, Sido Muncul Sari Kunyit memiliki kandungan ekstrak kunyit yang lebih stabil dan lebih cepat diserap tubuh.

Untuk menjamin kualitas produk, Sido Muncul Sari Kunyit diproduksi di pabrik modern dan higienis berstandar GMP (Good Manufacturing Practices) serta telah melalui uji laboratorium bersertifikasi ISO. Tahapan ekstraksi dilakukan dengan suhu rendah di bawah 60°C agar zat aktif yang terkandung tetap stabil. Selain itu, Sido Muncul Sari Kunyit juga sudah memiliki sertifikat halal.

Selain Sido Muncul Sari Kunyit, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan lewat beragam produk dari Sido Muncul Natural, seperti HerbaMix 5, Sambiloto, Vitamin D3, Vitamin E, Tolak Angin Soft Capsule, Bilberry Carrot, dan masih banyak lagi.

Baca juga :  Sederet Manfaat Tertawa Yang Perlu Kamu Tahu: Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Redakan Stres

Sido Muncul Sari Kunyit dan rangkaian produk Sido Muncul Natural lainnya bisa Anda dapatkan di Watsons, Boots, Apotek Wellings, Century, Ranch Market, Farmers Market, AEON Supermarket, Lulu Hypermarket, Grand Lucky, Viva Health, apotek, dan toko obat terdekat. Bagi Anda yang ingin belanja online, produk ini tersedia di website e-commerce resmi Sido Muncul di www.sidomunculstore.com atau marketplace via Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada ,dan JD.id.

Sido Muncul Sari Kunyit dan rangkaian produk Sido Muncul Natural lainnya bisa Anda dapatkan di Watsons, Boots, Apotek Wellings, Century, Ranch Market, Farmers Market, AEON Supermarket, Lulu Hypermarket, Grand Lucky, Viva Health, apotek, dan toko obat terdekat. Bagi Anda yang ingin belanja online, produk ini tersedia di website e-commerce resmi Sido Muncul di www.sidomunculstore.com atau marketplace via Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan JD.id.

Di tengah rutinitas yang tanpa batas, mari selalu jaga kesehatan bersama dengan rangkaian produk alami dari ahlinya herbal, Sido Muncul Natural.