Makanan Penurun Kolesterol: Oatmeal, Terong, Apel Hingga Kacang-kacangan

Makanan olahan dari daging dan santan dapat memancing kolesterol.

Jika Anda merupakan penderita kolesterol, sebaiknya mulailah melakukan perubahan gaya hidup.

Dokter umum di RSUD Pandan Arang, Boyolali, dr Fiarry Fikaris, mengatakan bahwa cara yang paling utama adalah mengatur pola makan.

“Makanlah seperti porsi normal sehari-hari dan jangan berlebihan, konsumsi camilan serta minuman manis juga harus dibatasi dan jangan terlalu banyak.”

“Selain itu pemilihan makanan juga penting, jangan pilih makanan yang terlalu tinggi kadar kolesterolnya,” ujar Fiarry Fikaris.

Sementara itu, bagi orang yang kadar kolesterolnya selalu tinggi dan sudah berobat ke dokter, boleh mengonsumsi obat dari dokter.

Baca juga :  Vape Bisa Picu Kanker Paru-Paru, Begini Penjelasannya

Kemudian untuk orang yang sehat, bisa mulai mengonsumsi makanan seperti oatmeal, terong, apel, anggur, kedelai, dan ikan laut.

“Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti oatmeal, terong, apel, anggur, kedelai, dan ikan laut, karena makanan tersebut terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol,” ungkap Fiarry.

Fiarry menambahkan, adapun makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol yaitu makanan laut, kecuali ikan, kemudian jeroan, bebek, santan hingga makanan yang berminyak.

Makanan Penurun Kolesterol

1. Oatmeal

Mengutip dari Harvard Health Publishing, Oat mengandung serat larut yang berperan untuk mengelola dan menurunkan kadar kolesterol.

Baca juga :  Bahaya Yang Ditimbulkan Jika Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

Anda sebaiknya mengonsumsi oat saat sarapan.

Seain itu, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan untuk menambah rasa.

2. Terong dan Okra

Kedua sayuran ini rendah kalori dan menjadi sumber serat larut yang baik.

3. Apel, Anggur

Buah-buahan ini kaya akan pektin yang bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi.

Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda sebaiknya olahraga secara rutin, mengelola stres, hindari rokok dan alkohol, serta cukup tidur.

Hal tersebut bisa membantu untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Baca juga :  7 Makanan Yang Tidak Baik Disimpan Di Kulkas, Dapat Berubah Tekstur Hingga Sebabkan Penyakit

4. Kacang-kacangan, kedelai

Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kacang kedelai, kacang almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk kesehatan jantung.

Makan 2 ons kacang sehari bisa menurunkan kolesterol jahat sekitar 5 persen.

Kandungan nutrisi kacang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

(Tribunnews.com/Latifah)(Kontan.co.id/Tri Sulistiowati)