8 Jenis Olahraga Peninggi Badan, Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah Secara Rutin

Apa jenis olahraga yang dapat meninggikan tubuh?

Pertumbuhan tinggi badan anak perempuan mulai melambat pada usia 18 tahun dan anak laki-laki pada usia 21 tahun.

Tinggi badan seseorang dapat bertambah minimal 2-4 inci secara alami.

Olahraga rutin, makanan yang sehat, dan pola tidur yang baik akan menjaga tubuh tetap mengalami pertambahan tinggi badan hingga usia 30 tahun.

Ada beberapa latihan, yang jika dilakukan dengan benar dapat meningkatkan pertumbuhan tinggi badan.

Berikut ini latihan untuk meninggikan badan, dikutip dari Med India dan Femina Internasional.

1. Berlari Sprint

Latihan ini sangat mudah dilakukan, namun memiliki keuntungan besar untuk membantu meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan.

Stres yang dialami otot-otot kaki selama latihan menghasilkan pemanjangan tulang dan otot.

Meski mudah dilakukan, kamu tidak boleh terlalu banyak berlari karena dapat menyebabkan pembengkakan pada otot dan tendon.

Sprint disarankan pada permukaan alami seperti lantai atau halaman rumput dan bukan pada beton.

Baca juga :  Tips Atasi Maag Dan Jaga Daya Tahan Tubuh Di Bulan Ramadan, Yuk Praktikan!

2. Latihan menendang

Latihan kaki lainnya adalah menendang.

Seseorang harus berdiri dengan kaki terpisah dan angkat satu kaki untuk menendang.

Ulangi setidaknya 20 tendangan pada satu kaki dan kemudian ganti ke kaki lainnya.

Sebaiknya, ulangi latihan ini selama 20 kali untuk membantu memanjangkan tulang kering dan tulang paha.

3. Latihan melompat

Latihan melompat dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan.

Caranya adalah berdiri di depan bangku atau anak tangga, yang tingginya satu kaki.

Untuk memulai, lompat dengan satu kaki selama sepuluh hitungan.

Kemudian, ulangi dengan kaki lainnya dan lakukan set ini sebanyak tiga kali.

Beristirahatlah di antara set.

4. Bersepeda

Mengayuh pedal sepeda dapat membantu otot kaki menjadi lebih sehat.

Teknik yang dapat dilakukan agar efektif adalah mengayuh sepeda dengan menggunakan jari-jari kaki untuk mencapai pedal.

Bersepeda ini dapat dilakukan selama 10-15 menit, lalu beristirahat 10 menit.

Baca juga :  Haruskah Gigi Bungsu Dicabut? Berikut Penjelasan Dokter

Kamu juga dapat melakukan peregangan untuk mencapai pedal, sehingga memaksa kaki untuk memanjang.

5. Renang

Jika kamu senang bermain air, mungkin kamu dapat mencoba olahraga renang.

Olahraga renang dapat membantu tubuh untuk memanjang secara alami.

Berenang gaya dada selama 20 menit akan bermanfaat.

Gaya ini dapat disebut juga gaya katak.

Teknik ini adalah satu dari sekian teknik yang mudah dilakukan bagi pemula.

6. Lompat Tali

Olahraga lompat tali dapat dilakukan di dalam mau pun luar ruangan.

Untuk mendapatkan hasil yang efektif, kamu dapat melakukan lompat tali dengan 300 hitungan setiap hari.

Kamu dapat membaginya dalam beberapa sesi ketika melakukan olahraga pagi.

7. Menggantung di Bar

Gunakan sebuah batang dan kencangkan di ambang pintu.

Pastikan batang yang kamu gunakan tinggi dan kuat.

Kamu dapat membeli tongkat dari peralatan olahraga.

Lakukan latihan ini dengan berdiri di atas bangku dan pegang tongkatnya.

Baca juga :  Faktor Penghambat Pengobatan Gagal Jantung

Jika kamu merasa sanggup melipat kaki, maka angkat dan turunkan kakimu setidaknya sepuluh kali.

8. Free Hand

Berdiri tegak di ruang terbuka dan tarik napas dalam-dalam.

Angkat lenganmu dan rentangkan setinggi bahu, sekarang dorong ke belakang sejauh mungkin dan lepaskan napasmu.

Ulangi latihan ini sebanyak 8 -10 kali.

Kamu dapat melakukannya dengan menambahkan gerakan mengangkat sedikit tumit, lalu menghirup napas dalam-dalam.

Pilih latihan yang cocok untukmu agar teratur dan konsisten.

Cobalah untuk mengatur waktu tertentu sehingga kamu tidak melewatkan rutinitas olahragamu.

Jangan lupa untuk makan makanan bergizi seimbang agar energimu terjaga.

Sebaiknya kamu tidak langsung berolahraga setelah makan.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Olahraga