Waktu Yang Baik Untuk Olahraga Dan Manfaat Olahraga Secara Rutin Di Pagi Hari

Olahraga yang baik itu jam berapa? Simak penjelasannya.

Olahraga adalah setiap gerakan yang membuat otot bekerja dan mengharuskan tubuh untuk membakar kalori.

Ada banyak manfaat melakukan olahraga secara rutin pada sekitar pukul 7 pagi hari.

Manfaat olahraga pada waktu tertentu juga akan mempengaruhi kerja tubuh pada waktu berikutnya.

Lalu, apakah lebih baik olahraga pagi atau malam?

Berikut penjelasannya.

Perbandingan olahraga di pagi hari dan malam hari

1. Olahraga di pagi hari

Ada banyak kelebihan untuk berolahraga di pagi hari.

Melakukan olahraga di pagi hari dapat memproduksi endorfin yang dapat meningkatkan dorongan ego yang besar untuk beraktivitas sepanjang hari, dikutip dari Healthline.

Olahraga di pagi dapat mendorong tubuh seseorang untuk meningkatkan aktivitas fisik sepanjang hari daripada mereka yang tidak berolahraga pagi.

Manfaat tambahan dari berolahraga di pagi hari termasuk peningkatan metabolisme, yang berarti tubuh seseorang akan terus membakar kalori sepanjang hari saat ia mengonsumsinya daripada di malam hari saat seseorang berolahraga lalu tidur.

2. Bagaimana jika olahraga di malam hari?

Olahraga di malam hari juga memiliki manfaat dan kekurangan.

Manfaat tersebut di antaranya dapat meningkatkan kinerja di malam hari.

Sedangkan kekurangannya adalah meningkatkan kebugaran di malam hari, dapat mengganggu tidur.

Olahraga meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh, dikutip dari Forbes.

Dalam kondisi seperti itu, olahraga di malam hari dapat menghambat kemampuan untuk tidur dan mengistirahatkan tubuh, terutama otak.

Baca juga :  Gejala Dan Penyebab Prediabetes, Cegah Dengan Konsumsi Makanan Sehat & Rajin Berolahraga

Sebuah studi menyebutkan, olahraga di pagi hari dapat membantu seseorang mendapatkan tidur yang lebih berkualitas di malam hari, daripada melakukan olahraga di malam atau sore hari.

Manfaat Olahraga Pagi

1. Merilekskan otot setelah bangun tidur

Ketika olahraga di pagi hari, fisik seseorang masih segar dan belum mengerjakan tugas apa pun setelah bangun tidur.

Dengan sedikitnya gangguan atau tugas berat di pagi hari, seseorang dapat melakukan olahraga dengan kondisi tubuh yang lebih segar.

2. Cuaca belum terlalu panas

Manfaat kedua dari olahraga pagi adalah kondisi di sekitar belum terlalu panas, sehingga dapat berolahraga di luar ruangan.

Waktu yang perlu dihindari untuk berolahraga di luar ruangan adalah sekitar pukul 10 pagi hingga 3 sore.

Jika kamu lebih suka olahraga di luar ruangan, maka pilihlah waktu olahraga di pagi hari.

3. Pilihan makanan yang lebih sehat

Seseorang yang rajin olahraga di pagi hari dapat mengurangi lemak lebih banyak.

Secara tidak langsung, kebiasaan olahraga dapat mendorong seseorang untuk makan makanan yang sehat.

Berolahraga lebih awal dapat mendorong seseorang untuk membuat pilihan yang lebih sehat sepanjang hari.

4. Meningkatkan kewaspadaan

Olahraga pagi dapat meningkatkan kortisol, yaitu hormon yang membuat seseorang tetap terjaga dan waspada.

Baca juga :  Manfaat Dark Chocolate Untuk Kesehatan: Dapat Turunkan Tekanan Darah

Biasanya, kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari.

Kortisol dapat mencapai puncaknya sekitar jam 8 pagi.

Jika seseorang memiliki ritme sirkadian yang sehat, tubuh mungkin akan lebih prima untuk berolahraga di pagi hari.

5. Lebih banyak energi secara keseluruhan

Olahraga teratur sangat baik untuk meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan.

Saat seseorang berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru.

Kondisi ini meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina secara keseluruhan.

Dengan berolahraga lebih awal, seseorang mungkin merasa lebih berenergi sepanjang hari.

6. Fokus yang lebih baik

Aktivitas olahraga di pagi hari dapat meningkatkan konsentrasi di siang hari.

Pola olahraga yang baik adalah 30 menit berolahraga.

Hari-hari dengan olahraga pagi dikaitkan dengan kognisi yang lebih baik sepanjang hari, terutama bila dipasangkan dengan istirahat teratur.

7. Suasana hati yang lebih baik

Selama berolahraga, otak akan membuat lebih banyak endorfin, sehingga merasa lebih baik.

Endorfin juga berfungsi ganda sebagai pengalih perhatian dari pikiran cemas.

Olahraga pagi adalah cara yang bagus untuk memulai hari dengan nada positif.

Mereka yang rajin olahraga pagi juga akan memiliki pandangan optimis untuk sepanjang hari itu.

8. Mendukung penurunan berat badan

Olahraga pagi lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca juga :  Pembahasan Tuberkulosis Di Forum G20 Jadi Langkah Kongkret Pemerintah Eleminasi TB

Pembakaran lemak paling tinggi terjadi pada pagi hari sebelum sarapan.

Sehingga, berolahraga sebelum sarapan dapat mengurangi lemak tubuh lebih banyak daripada olahraga setelah sarapan.

9. Mengontrol nafsu makan

Olahraga pagi dapat membantu seseorang mengontrol nafsu makannya.

Hal ini terjadi karena olahraga membantu mengatur nafsu makan dengan mengurangi ghrelin, hormon rasa lapar.

Olahraga pagi secara teratur juga meningkatkan hormon kenyang, seperti peptida YY dan peptida-1 seperti glukagon.

10. Melancarkan tekanan darah

Olahraga secara rutin dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

Aktivitas olahraga adalah cara terbaik dan menyehatkan untuk mengontrol hipertensi secara alami.

Para peneliti menemukan bahwa perubahan tekanan darah yang paling menguntungkan terjadi pada jam 7 pagi ketika berolahraga.

11. Peningkatan tidur

Orang yang rajin olahraga pagi akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Mereka akan jarang terbangun di malam hari.

Berolahraga di luar di pagi hari menawarkan lebih banyak manfaat terkait tidur.

Paparan cahaya di pagi hari dapat membantu meningkatkan kadar melatonin di malam hari.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Olahraga