Lemak Darah Dan Tekanan Darah Tinggi Bisa Picu Penyakit Jantung, Cegah Dengan Cara Ini!

Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang tak boleh disepelekan, terlebih serangan jantung merupakan penyakit mematikan yang bisa mengintai siapa saja.

Beberapa kondisi kesehatan yang dapat sebabkan serangan jantung adalah kadar lemak darah tinggi dan tekanan darah tinggi.

Mengutip Hellosehat, Anda perlu menjaga kadar lemak dalam tubuh untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Salah satu caranya adalah memantau kadar trigliserida melalui tes darah.

Trigliserida sendiri adalah jenis lemak yang paling umum ditemukan di dalam darah. Kadar trigliserida normal adalah kurang dari 150 miligram per deciliter (mg/dL), atau kurang dari 1,7 milimol per liter (mmol/L).

Jika melebihi batas normal, Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Mengutip Mayoclinic, hal ini dapat terjadi karena kadar lemak darah tinggi dapat membuat dinding pembuluh darah makin keras dan tebal.

Sedangkan tekanan darah tinggi merupakan kondisi dari kekuatan sirkulasi darah terhadap pembuluh darah utama yang melebihi batas. Melansir Halodoc, seseorang dapat mengalami tekanan darah tinggi saat makin banyak darah yang dipompa jantung dan terjadi penyempitan pembuluh darah.

Nah, untuk menentukan apakah seseorang mengalami tekanan darah tinggi, dilakukan pemeriksaan menggunakan tensimeter atau sfigmomanometer. Jika angka tekanan darah sistoliknya lebih besar dari 140 mmHg, atau angka tekanan darah diastolik menunjukkan hasil yang lebih besar dari 90 mmHg, maka kondisi tersebut sudah tergolong tekanan darah tinggi.

Baca juga :  Lebih Berbahaya TBC Atau Covid-19? Simak Penjelasan Dokter Spesialis Paru

Umumnya, baik kadar lemak darah tinggi ataupun tekanan darah tinggi tidak menunjukkan gejala apa pun. Inilah mengapa orang-orang tidak sadar bahwa mereka memiliki satu atau kedua kondisi tersebut.

Cara menjaga kadar lemak darah dan tekanan darah

Kabar baiknya, kadar lemak darah dan tekanan darah yang tinggi bisa dicegah dini sebelum menyebabkan penyakit jantung. Tidak perlu dengan cara mahal dan repot, ada beberapa cara sederhana untuk mengendalikannya.

Pertama, lakukan aktivitas fisik secara teratur. Dikutip dari CDC, The Physical Activity Guidelines for American merekomendasikan aktivitas fisik berintensitas sedang seperti jalan cepat, jogging , atau bersepeda tiap minggu selama 2 jam 30 menit, atau 30 menit per hari selama 5 hari, untuk menurunkan kadar lemak darah, tekanan darah tinggi, serta memperkuat daya tahan jantung.

Kedua, menjaga asupan makanan. Untuk menurunkan lemak darah tinggi, perbanyaklah asupan lemak sehat ketimbang lemak trans seperti daging merah, minyak goreng, dan makanan cepat saji. Melansir Medical News Today, makanan berlemak sehat antara lain alpukat, minyak zaitun, ikan dengan omega-3, dan sayuran hijau.

Sedangkan untuk mengendalikan tekanan darah, mengutip Mayoclinic, Anda juga perlu mengonsumsi makanan rendah lemak, seperti buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh. Ahli juga menyarankan untuk meningkatkan asupan kalium yang dapat membantu kurangi tekanan darah.

Selain itu, batasilah asupan garam. Dikutip dari situs World Health Organization (WHO), asupan garam kurang dari 5 gram per hari membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung.

Baca juga :  Dokter Kulit Sebut Jerawat Penyakit, Apakah Penggunaaan Skincare Solusi Tepat? Ini Penjelasannya

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga berat badan ideal. Melansir Healthline, penelitian menunjukkan mengurangi berat badan 5-10 persen saja sudah secara signifikan mengurangi kadar lemak darah. Sedangkan setiap turun 1 kilogram, Anda dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 1 mmHg.

Mengonsumsi bahan alami seperti herbal

Nah, selain menerapkan tips di atas, Anda juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengonsumsi bahan alami, di antaranya bawang putih dan seledri.

Melansir Medical News Today, bawang putih memiliki kandungan aktif yang dapat membantu menurunkan lemak darah. Sedangkan seledri juga memiliki zat yang membantu menyeimbangkan tekanan darah.

Tak perlu repot, kini Anda bisa mendapatkan manfaat sehat bawang putih dan seledri dalam sediaan kapsul yang praktis, yakni Sido Muncul Garlic dan Sido Muncul Celery, varian herbal dari Sido Muncul Natural yang membantu menjaga kesehatan jantung Anda dan keluarga.

Sido Muncul Garlic mengandung ekstrak bawang putih terstandar dengan kadar zat aktif 3,25 persen Aliin untuk membantu mengurangi lemak darah. Cukup konsumsi satu kapsul 1-2 kali sehari sebelum makan, Anda bisa mendapatkan manfaat baik bawang putih bagi kesehatan Anda.

Tak hanya itu, untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang ringan, konsumsi Sido Muncul Celery. Tiap kapsulnya mengandung 100 % ekstrak daun seledri yang dapat Anda konsumsi secara rutin untuk mencegah tekanan darah tinggi. Cukup konsumsi satu kapsul 1-3 kali sehari untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.

Baca juga :  Ketahui Tiga Gangguan Makan Pada Remaja, Tak Hanya Berdamppak Fisik, Tapi Juga Psikososial

Lalu, bagaimana dengan Anda yang vegetarian? Tidak perlu khawatir, karena Sido Muncul Garlic dan Sido Muncul Celery menggunakan cangkang kapsul alami ( vegetable capsules ), sehingga Anda dapat mengonsumsinya dengan nyaman.

Selain kedua produk di atas, Anda juga bisa melengkapi kebutuhan untuk kesehatan tubuh lewat beragam produk dari Sido Muncul Natural seperti HerbaMix 5, Sambiloto, Sari Kunyit, Vitamin D3, Vitamin E, Tolak Angin Soft Capsule, Bilberry Carrot, dan masih banyak lagi.

Dapatkan segera rangkaian produk Sido Muncul Natural di Watsons, Boots, Apotek Wellings, Century, Ranch Market, Farmers Market, AEON Supermarket, Lulu Hypermarket, Grand Lucky, Viva Health, apotek, dan toko obat terdekat. Selain itu, Anda juga dapat membelinya secara online melalui www.sidomunculstore.com dan dan official store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan JD.id.

Yuk, sayangi kesehatan jantung Anda dan keluarga dengan menerapkan gaya hidup sehat, dilengkapi dengan konsumsi Sido Muncul Garlic dan Sido Muncul Celery!