Manfaat Kentang Untuk Kesehatan: Bagus Untuk Jantung, Menyehatkan Tulang

Salah satu sayuran yang sarat dengan vitamin, serang, dan nutrisi adalah kentang.

Kentang mengandung jenis pati tertentu yang disebut pati resisten yang berguna untuk membantu merasa kenyang dan mengonsumsi sedikit kalori.

Mengutip Boldsky, ahli gizi menunjukkan bahwa mengonsumsi kentang rebus merupakan salah satu cara terbaik untuk mengisi perut tanpa khawatir tentang penambahan berat badan.

Tak hanya direbus, kentang juga bisa dijadikan kentang goreng dan mashed potato.

Dirangkum dari Healthline dan Medical News Today, berikut ini manfaat kentang untuk kesehatan

1. Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah zat yang mencegah pembentukan radikal bebas berbahaya, yang merupakan atom reaktif yang dapat menumpuk di tubuh Anda dan berkontribusi pada penyakit kronis.

Baca juga :  Kumpulan Bahan Alami Untuk Jaga Kesehatan Paru-paru, Jahe Hingga Cabai Rawit

Studi menunjukkan bahwa antioksidan dapat mencegah beberapa jenis penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Kentang adalah sumber antioksidan yang baik, termasuk jenis tertentu, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik.

2. Mengenyangkan

Kentang diakui sebagai salah satu makanan paling mengenyangkan yang tersedia.

Kentang rebus memiliki tingkat kekenyangan tertinggi dan dianggap tujuh kali lebih mengenyangkan daripada croissant, yang memiliki skor terendah pada indeks kenyang

Satu studi menciptakan indeks kenyang untuk makanan umum dengan memberikan 11-13 peserta berbagai makanan dan memperoleh peringkat kenyang untuk masing-masing.

Studi lain membandingkan bagaimana asupan nasi, kentang, dan pasta memengaruhi asupan makanan dan rasa kenyang pada 11 peserta.

Baca juga :  Tips Agar Tak Mudah Lapar: Prioritaskan Protein Hingga Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Ditemukan bahwa kentang adalah yang paling mengenyangkan dan menyebabkan penurunan terbesar dalam asupan kalori secara keseluruhan.

3. Menyehatkan Tulang

Zat besi, fosfor, kalsium , magnesium , dan seng dalam kentang semuanya membantu tubuh membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.

Besi dan seng memainkan peran penting dalam produksi dan pematangan kolagen .

4. Bagus untuk jantung

Kandungan serat, potasium, vitamin C, dan vitamin B6 kentang, ditambah dengan kekurangan kolesterol , semuanya mendukung kesehatan jantung.

Kentang mengandung serat dalam jumlah yang signifikan.

Serat membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga :  Makanan Untuk Mencegah Kanker Serviks, Simak Daftarnya

5. Mengandung folat

Kentang mengandung folat.

Folat berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah banyak jenis sel kanker terbentuk karena mutasi pada DNA.

Asupan serat dari buah-buahan dan sayuran seperti kentang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal.

Vitamin C dan quercetin juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

(Tribunnews.com, Renald)