7 Manfaat Nanas Untuk Kesehatan: Dapat Melancarkan Pencernaan Hingga Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut 7 manfaat nanas untuk kesehatan, di antaranya melancarkan pencernaan hingga menjaga kesehatan jantung.

Nanas (Ananas comosus) adalah buah tropis yang sangat lezat dan sehat.

Buah Nanas mengandung nutrisi, antioksidan, dan senyawa bermanfaat lainnya, seperti enzim yang dapat melindungi dari peradangan dan penyakit.

Sementara itu, Nanas dan senyawanya memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk perbaikan pencernaan, kekebalan, dan pemulihan dari operasi.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat nanas untuk kesehatan yang dikutip dari Healthline dan www.medicalnewstoday.com:

1. Dapat Melancarkan Pencernaan

Di Brazil, nanas sering disajikan bersama daging.

Menariknya, buah ini mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut bromelain yang dapat memperlancar pencernaan.

Bromelain berfungsi sebagai protease, yang memecah molekul protein menjadi bahan penyusunnya, seperti asam amino dan peptida kecil.

Setelah molekul protein dipecah, usus kecil Anda dapat lebih mudah menyerapnya.

Hal tersebut membantu bagi orang dengan insufisiensi pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup.

Baca juga :  Kanker Serviks, Jenis Kanker Yang Paling Bisa Dicegah Sedini Mungkin

Bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging karena kemampuannya untuk memecah protein daging yang keras.

2. Dapat mengurangi risiko kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Beberapa penelitian mencatat bahwa nanas dan senyawanya, termasuk bromelain, dapat mengurangi risiko kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu mengobati kanker yang telah berkembang.

3. Dapat mempercepat pemulihan setelah operasi atau olahraga berat

Konsumsi nanas dipercaya dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk pulih dari operasi atau olahraga.

Sementara buah ini membantu mengisi kembali simpanan karbohidrat setelah berolahraga, beberapa manfaatnya juga karena sifat anti-inflamasi bromelain.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar, dan rasa sakit yang sering terjadi setelah operasi, termasuk prosedur gigi dan kulit.

Selain itu, protease seperti bromelain dapat mempercepat pemulihan otot setelah olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

Baca juga :  10 Khasiat Konsumsi Buah Pepaya Untuk Cegah Penyakit Tidak Menular

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan sebelum senyawa ini dapat direkomendasikan untuk pemulihan pasca-pelatihan.

4. Dapat meningkatkan kekebalan dan menekan peradangan

Nanas telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad.

Mereka mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim seperti bromelain yang secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan dan mengurangi peradangan.

Sementara itu, beberapa penilitian menunjukkan suplemen bromelain, sendiri dan dalam kombinasi dengan senyawa lain, dapat membantu mengurangi gejala COVID-19 dan memperlambat perkembangannya.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan.

5. Mencegah risiko asma

Risiko terkena asma lebih rendah pada orang yang mengonsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah tinggi.

Salah satu nutrisi tersebut adalah beta-karoten. Ini ditemukan dalam makanan nabati berwarna oranye, kuning dan hijau tua, seperti nanas, mangga, pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu, dan wortel.

Beberapa penelitian yang lebih kecil telah menyarankan bromelain juga dapat berkontribusi untuk mengurangi gejala asma.

6. Menjaga Kesehatan jantung

Kandungan serat, potasium, dan vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baca juga :  7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam, Sakit Kepala Hingga Sulit Konsentrasi

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi 4.069 mg potasium per hari mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik 49 persen jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit potasium.

Para peneliti menghubungkan asupan kalium yang tinggi dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, pelestarian kepadatan mineral tulang, dan pengurangan pembentukan batu ginjal.

7. Melawan kerusakan kulit

Vitamin C antioksidan pada nanas, ketika dimakan dalam bentuk alami atau dioleskan, dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi, mengurangi kerutan, dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, sistem pendukung kulit.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)