Jangan Langsung Buka HP Saat Bangun Tidur, Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Dengan masih mengantuk atau belum sepenuhnya tersadar, seseorang langsung membuka HP nya dan bahkan mengecek apa yang mereka lewatkan di media sosial.

Namun amankah kebiasaan seperti itu?

Dari riset IDC Research Report, sebanyak 79 persen dari 7.446 pengguna iPhone dan Android di Amerika Serikat membuka hp dalam waktu 15 menit saat bangun tidur.

Studi ini juga menemukan ada 62 persen dari responden mengaku mengambil hp mereka secepatnya begitu bangun tidur dan 44 persen mengambil hp sebagai alarm.

Namun tahukah Anda? membuka hp saat bangun tidur ternyata berbahaya bagi otak.

Mengutip artikel Forbes, Selasa (14/6/2022), ketika seseorang bangun di pagi hari, otak berakhir dari gelombang delta yang terjadi dalam kondisi tidur nyenyak, ke gelombang theta, yang terjadi selama kondisi melamun.

Baca juga :  Hal Yang Terjadi Jika Antibiotik Tak Diminum Sesuai Aturan 

Lantas, otak akan bekerja untuk menghasilkan gelombang alfa, keadaan terjaga tetapi dalam situasi yang santai dan tidak memproses banyak informasi.

Ketika seseorang langsung membuka hp, maka sama saja dengan memaksa otak untuk masuk ke gelombang beta, melewatkan tahap theta dan alfa yang penting bagi otak.

Mengapa tahap theta dan alfa penting?

Tahap theta adalah keadaan di mana otak mengalir bebas dan tanpa sensor.

Scientific American menyebut bahwa keadaan ini menjadi waktu yang ideal untuk melakukan refleksi pagi.

“Waktu yang ideal untuk memasuki pikiran bawah sadar Anda untuk memvisualisasikan apa yang Anda inginkan dan membantu otak Anda untuk melakukan tindakan,” demikian laporan tersebut.

Baca juga :  Gejala Dan Cara Mencegah Hepatitis Akut, Menkes: Jaga Kebersihan Diri Dan Rajin Cuci Tangan

Melewatkan keadaan theta dan alfa juga sama saja membuat otak siaga dengan gangguan.

Apalagi jika Anda menemukan konten atau informasi yang negatif di pagi hari yang cenderung memicu stres.

Hal ini dapat terjadi selama satu hari penuh, di mana Anda dapat merasa gelisah.

Email pekerjaan, daftar tugas, dan beberapa pengingat mungkin secara tidak langsung akan melelahkan bagi Anda.

Mengutip Times of India, buka hp saat bangun tidur juga memicu perasaan fear of missing out (FOMO), perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang, sementara kita tidak bisa melakukannya.

Dari beberapa faktor di atas, akhirnya akan bermuara pada kecemasan dan stres yang membuat pikiran kacau dan produktivitas terhambat.

Baca juga :  Rokok Elektrik Sama Bahayanya Dengan Rokok Konvensional, Ini Kata Wamenkes

Selain membuka hp saat bangun tidur, cobalah untuk melakukan aktivitas pagi hari yang lebih positif, menyeduh kopi atau bermeditasi bisa menjadi alternatif.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Sering Tak Disadari, Ini Bahaya Buka HP saat Bangun Tidur, Bisa Berakibat Fatal pada Otak.