6 Manfaat Tidur Siang Untuk Tubuh: Dapat Tingkatkan Daya Ingat Hingga Perbaiki Mood

Menyempatkan sedikit waktu untuk tidur siang dapat meningkatkan daya ingat, kinerja, hingga mood.

Tidur siang selama 20 atau 30 menit dapat membantu menghilangkan kantuk saat bekerja dan beraktivitas.

Tidak hanya itu, masih banyak manfaat yang bisa dirasakan setelah tidur siang.

Apa saja?

Berikut ini sederet manfaat tidur siang, dikutip dari webmd.com:

1. Tingkatkan Daya Ingat

Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan.

Tidur siang dapat membantu mengingat hal-hal yang dipelajari sebelumnya.

Tidur siang berfungsi untuk mencegah Anda melupakan hal-hal seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal juga.

2. Tingkatkan Kinerja

Ketika melakukan tugas berulang-ulang sepanjang hari, kinerja Anda semakin buruk seiring berjalannya hari.

Baca juga :  Dokter Boyke Berbagi Tips Percepat Kehamilan: Ada 6 Cara

Studi menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu Anda lebih konsisten.

3. Perbaiki Mood

Jika Anda merasa down, cobalah tidur siang untuk membangkitkan semangat.

Tidur siang, atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tertidur, dapat menyegarkan pikiran.

Para ahli mengatakan relaksasi yang datang dari berbaring dan istirahat adalah booster mood.

4. Kurangi Stres

Jika Anda berada di bawah banyak tekanan, tidur siang dapat melepaskan stres dan meningkatkan kesehatan kekebalan.

Para ahli percaya bahwa tidur siang selama 30 menit dapat membantu mengurangi stres.

5. Baik untuk Jantung

Tidur siang bahkan dapat membantu detak jantung Anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 45 hingga 60 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah setelah melalui tekanan mental.

Baca juga :  Apa Itu Epilepsi? Berikut Penyebab, Gejala, Hingga Macam-macam Epilepsi

Jadi tidur siang dapat membantu tubuh pulih dari situasi yang penuh tekanan.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur Malam

Tidur di siang hari dapat membantu orang dewasa meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Studi menunjukkan tidur siang selama 30 menit antara jam 1 siang dan 3 sore dikombinasikan dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki dan peregangan di malam hari, membantu meningkatkan kualitas tidur malam.

Kesehatan mental dan fisik juga bisa menjadi lebih baik.

Waktu yang Tepat untuk Tidur Siang

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tidur siang, Anda perlu mengatur waktu dengan benar.

Baca juga :  Ketahui Kondisi Anak Yang Tidak Disarankan Untuk Berpuasa

Kebanyakan orang akan menganggap tidur siang sebagai yang paling alami dan bermanfaat.

Ada yang mengatakan tidur lebih baik antara jam 2 dan 3 sore.

Waktu yang paling sesuai untuk Anda akan tergantung pada seberapa istirahat Anda untuk memulai.

Jika Anda cukup istirahat, tidur siang sedikit lebih sore akan lebih baik.

Namun jika Anda terlambat tidur, sebaiknya tidur siang lebih awal.

(Tribunnews.com/Yurika)

Artikel terkait Kesehatan lainnya