Apakah Gangguan Pendengaran Bisa Disembuhkan? Ini Penjelasan Dokter 

Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan-Bedah Kepala Leher (THT)-KL(K) Rosyida mengatakan, gangguan pendengaran tidak bisa disembuhkan.

Meski demikian, orang dengan gangguan dengar tetap bisa mendapatkan pendengaran seperti orang dengan pendengaran normal dengan bantuan alat bantu dengar (ABD), implan koklea atau bone-anchored hearing aid (BAHA) serta auditory verbal therapy.

“Keluarga merupakan support system terbaik untuk mendampingi orang dengan gangguan pendengaran agar bisa melakukan aktivitas harian,” kata dokter Rosyida dalam keteranga tertulisnya yang diterima Selasa (21/6/2022).

Misalnya pemasangan implan koklea dan menjalani auditory verbal therapy (AVT) secara rutin, membuat seorang pasien Ali Haydar Altway bisa sekolah seperti anak-anak dengan pendengaran normal.

Baca juga :  Prodia For Doctor, Hubungkan Dokter Dengan Pasien Dalam Genggaman

Bahkan, ia menjadi Penyintas Tunarungu Pertama Penghafal Alquran yang mendapat Piagam Penghargaam dari Museum Rekor Dunia Indonesia pada 2 Juli 2020.

“Sebelum sampai di titik ini, saya benar-benar bekerja keras. Ketika Haydar menjalani terapi dan belajar dengan terapis, saya juga ikut belajar. Lalu mengajari ulang di rumah,” ucap orangtua Ali Hayidar, Nadiya Malik Talib.

Apalagi, membesarkan anak gangguan dengar butuh tenaga ekstra. Bukan peran ibu, bukan peran ayah, tapi peran keduanya.

Baca juga :  Jaga Kesehatan Mulut, Berikut Manfaat Pentingnya Memilih Obat Kumur Bebas Alkohol

Diketahui, Kasoem Hearing Center mengadakan Family Gathering Sahabat Kasoem se-Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 19 Juni 2022.

Kegiatan family gathering rencananya diadakan rutin di berbagai daerah, untuk merekatkan rasa kebersamaan antar keluarga yang memiliki anak gangguan dengar.

Deputy Chief Executive Officer Kasoem Group Trista Mutia Kasoem mengatakan sesama keluarga dengan anak gangguan dengar perlu didukung secara penuh oleh semua pihak. Maka dari itu, Kasoem Hearing Center turut mengambil peran dalam kegiatan tersebut.

Baca juga :  Simak 9 Efek Olahraga Berlebihan Bagi Tubuh, Bisa Sebabkan Turunnya Imun Hingga Disfungsi Hormon

“One Stop Solutions for All Hearing Problems bukan sekadar tagline. Karena, kita berkomitmen untuk mendampingi pasien dari memilih alat bantu dengar atau implan koklea hingga menjalani auditory verbal therapy,” kata Trista.