Apa Itu GERD? Kenali Gejala Hingga Cara Aman Untuk Mencegahnya

GERD merupakan penyakit yang sering kali dianggap remeh oleh manusia.

Penyebab GERD paling umum saat ini adalah karena gaya hidup yang tak sehat.

Padahal, GERD ini bisa berakibat fatal dan menyebabkan komplikasi jika dibiarkan dan tidak segera dicegah.

Dikutip dari everydayhealth.com, GERD ini sebenarnya dapat dicegah lebih awal, jika kita mengenali gejalanya.

Apa itu GERD?

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi kronis yang menyebabkan isi lambung terkadang mengalir ke kerongkongan.

GERD ini merupakan penyakit yang menyerang bagian lambung manusia.

GERD biasanya disebabkan karena gangguan penceraan, maag dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, GERD biasanya juga disebabkan karena gaya hidup yang tak sehat, entah dari makanan yang dikonsumsi hingga aktivitas yang tidak baik.

Baca juga :  Makanan Penurun Kolesterol: Oatmeal, Terong, Apel Hingga Kacang-kacangan

Tanda-tanda dan Gejala GERD

Abraham Khan, MD, ahli gastroenterologi dan direktur medis Pusat Kesehatan Esofagus di NYU Langone Health di New York City, menyampaikan bahwa tidak semua GERD ini memiliki penyebab yang jelas.

Namun gejala paling umum yang sering dialami oleh penderita GERD adalah sering merasa mulas, sakit perut, hingga sensasi terbakar di tengah dada.

Mengutip dari everydayhealth.com, gejala umum GERD adalah sebagai berikut:

– Sakit dada

– Memuntahkan isi perut

– Kesulitan menelan

– Bau mulut

– Mual dan muntah

– Sakit tenggorokan

Penyebab GERD

> Mengkonsumsi minuman beralkohol, berkafein, atau berkarbonasi

> Makan makanan tertentu, seperti coklat, buah jeruk, bawang bombay, peppermint, tomat, atau makanan pedas atau gorengan

Baca juga :  7 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Atasi Peradangan Kulit Hingga Jaga Kesehatan Jantung

> Makan dalam porsi besar

> Makan sebelum tidur

> Berbaring setelah makan

> mengonsumsi obat-obatan tertentu

Cara Aman Mencegah GERD

1. 1. Menurunkan berat badan

Obesitas adalah penyebab utama GERD, karena lemak perut ekstra memberi tekanan pada perut, mendorong cairan lambung naik ke kerongkongan.

Maka turunkan berat badan Anda secukupnya, agar tubuh lebih sehat.

2. Hindari makanan tertentu seperti:

– Makanan berlemak

– Makanan pedas

– Makanan asam, seperti tomat dan jeruk

– Daun mint

– Cokelat

– Bawang

– Kopi atau minuman berkafein

– Minuman berkarbonasi

3. Makan dalam porsi kecil

Hal ini dapat membantu agar perut menjadi lebih nyaman.

4. Jangan berbaring setelah makan

Tunggu setidaknya tiga jam sebelum Anda berbaring setelah makan.

Baca juga :  Waspadai Kanker Rongga Mulut, Terasa Perih Tapi Berbeda Dengan Sariawan

5. Berhenti merokok

Hal ini karena rokok mengganggu kemampuan air liur Anda untuk mengeluarkan asam dari kerongkongan.

6. Kurangi mengonsumsi alkohol

Alkohol juga dapat menyebabkan otot-otot kerongkongan menjadi kejang.

7. Kenakan pakaian yang longgar.

Jangan memakai pakaian ketat atau ikat pinggang yang bisa menyempitkan perut, dengan pakaian lebih longgar maka perut terasa lebih nyaman.

(Tribunnews.com/Oktavia WW)

Berita lain terkait GERD