Cara Menjaga Mental Health, Dilengkapi Kebiasaan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Setiap orang memiliki kekuatan untuk menjaga kesehatan mentalnya.

Menjaga mental health atau kesehatan mental bisa dilakukan dengan sejumlah cara.

Diskusi terkait kesehatan mental dapat dilakukan secara online ataupun dalam percakapan secara langsung.

Kesehatan mental ini mencakup kesejahteraan psikologis dan sosial.

Selain itu, mental health juga mencakup kesehatan emosional atau kemampuan untuk menyebutkan, menangani, dan mengatur emosi.

Sementara itu, banyak faktor yang berperan dalam kesehatan mental, di antaranya yakni tidak dapat dikendalikan seperti genetika, pengalaman hidup, dan riwayat keluarga.

Kemampuan untuk mempengaruhi kesehatan mental adalah kuncinya, karena kesehatan mental itu sangat penting.

Dirangkum Tribunnews.com dari laman resmi WHO, berikut cara menjaga mental health:

1. Bicaralah dengan seseorang yang dipercaya

Berbicara dengan seseorang yang dipercaya, baik itu teman, anggota keluarga, atau kolega, dapat membantu.

Anda mungkin merasa lebih baik jika dapat secara terbuka berbagi apa yang dialami dengan seseorang yang peduli.

Jika Anda tinggal di daerah di mana interaksi tatap muka terbatas, Anda dapat terhubung dengan orang yang dicintai melalui panggilan video, telepon, atau aplikasi perpesanan.

2. Jaga kesehatan fisik

Menjaga kesehatan fisik membantu meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan.

Baca juga :  Penting! Kenali Berbagai Penanganan Kasus Jantung Kompleks

Aktiflah setidaknya selama 30 menit setiap hari, baik itu berlari, berjalan, yoga, menari, bersepeda, atau berkebun.

Makan makanan yang seimbang dan sehat.

Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup.

3. Lakukan aktivitas yang disukai

Cobalah untuk terus melakukan kegiatan yang menurut Anda bermakna dan menyenangkan, seperti memasak, bermain dengan hewan peliharaan, berjalan-jalan di taman, membaca buku, atau menonton film.

Memiliki rutinitas yang teratur dengan aktivitas yang membuat Anda merasa bahagia, akan membantu Anda menjaga kesehatan mental yang baik.

4. Jauhi zat berbahaya

Jangan menggunakan zat berbahaya seperti obat-obatan, kava, alkohol atau tembakau untuk mengatasi apa yang dirasakan.

Meskipun ini mungkin tampak membantu Anda merasa lebih baik dalam jangka pendek, mereka dapat membuat Anda merasa lebih buruk dalam jangka panjang.

Zat-zat ini juga berbahaya dan dapat menempatkan Anda dan orang-orang di sekitar pada risiko penyakit atau cedera.

5. Luangkan waktu dua menit untuk fokus pada sekitar

Bantu bebaskan diri dari pikiran yang terus berputar-putar dengan menghubungkan kembali diri Anda dengan posisi saat ini.

Cukup tarik napas dalam-dalam tiga kali.

6. Cari bantuan profesional

Jika merasa tidak dapat mengatasi stres yang Anda hadapi, carilah bantuan profesional dengan menghubungi saluran bantuan kesehatan mental setempat atau hubungi konselor atau dokter.

Baca juga :  10 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan: Turunkan Kolesterol Hingga Atasi Insomnia

Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian, dan ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mendukung kesejahteraan emosional.

Kebiasaan untuk Meningkatkan Mental Health

Berikut strategi untuk meningkatkan kesehatan mental, yang dikutip dari laman healthline:

1. Tidur nyenyak

Tidur juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental.

Tidur yang terganggu dapat menyebabkan gejala kesehatan mental.

2. Kurangi penggunaan media sosial

Untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial, cobalah tips berikut:

– Simpan ponsel di laci atau di luar kamar tidur saat tidur;

– Buat daftar aktivitas alternatif yang lebih bermakna untuk menggantikan sesi pengguliran yang biasa dilakukan;

– Matikan notifikasi atau hapus aplikasi sosial dari ponsel.

3. Perkuat hubungan

Manusia adalah makhluk sosial, dan hubungan yang kuat dapat memiliki pengaruh positif pada kesehatan mental dalam berbagai cara seperti:

– Meredakan perasaan kesepian;

– Membuat lebih mudah untuk mendapatkan dukungan emosional;

– Tambahkan makna dalam hidup.

4. Gerakkan tubuh

Olahraga menawarkan berbagai manfaat kesehatan mental, seperti berikut:

– Menghilangkan stres;

– Mengangkat suasana hati;

Baca juga :  Masalah Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Indonesia Masih Tinggi, PDGI: Akses Ke Dokter Gigi Tidak Merata

– Membantu tertidur lebih cepat dan tidur lebih lama;

– Membantu mengelola gejala kondisi depresi dan kecemasan.

5. Nikmati makanan kaya nutrisi

Makanan tertentu juga dapat memengaruhi kesehatan mental.

Untuk mendukung peningkatan kesehatan mental, cobalah memperluas diet saat ini dengan memasukkan makanan yang dikemas dengan nutrisi peningkat suasana hati.

6. Tahu kapan harus santai

Cobalah berkomitmen untuk mengambil satu langkah kecil setiap hari, baik itu merapikan tempat tidur, minum segelas air di pagi hari, atau menulis di jurnal.

7. Luangkan waktu untuk istirahat

Apa yang dimaksud dengan istirahat mungkin berbeda dari orang ke orang, itu umumnya berarti memberi pikiran dan tubuh Anda kesempatan untuk bersantai dan memulihkan diri.

8. Dapatkan sinar matahari

Waktu berada di luar ruangan tidak harus lama.

Lima menit saja dapat membuat pikiran dan hati benar-benar baik.

(Tribunnews.com/Nuryanti)

Berita lain terkait mental health