Ketahui Manfaat Tes NIPT Bagi Ibu Hamil

Kehamilan menjadi sebuah momen yang sangat dinanti bagi setiap pasangan yang sudah menikah.

Mulai sejak positif hamil, kebahagiaan akan terlihat dari bagaimana para calon ibu dan ayah mempersiapkan kehadiran si kecil.

Semua orangtua berharap janin dalam kandungan akan sehat sampai melahirkan nanti.

Namun, minimnya pengetahuan dari ibu hamil dan keluarga memiliki dampak pada tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan kelainan bawaan atau kelainan kongenital yaitu kondisi tidak normal yang terjadi pada masa perkembangan janin.

Kelainan ini dapat mempengaruhi fisik atau fungsi anggota tubuh anak sehingga menimbulkan cacat lahir.

Banyak ibu hamil mengabaikan arti pentingnya bahaya-bahaya dalam kehamilan. Menurut WHO, cacat lahir dialami sekitar 1 dari 33 bayi di dunia.

Bahkan, ada sekitar 3,2 juta bayi yang lahir dalam kondisi tidak sempurna di seluruh dunia setiap tahunnya.

Baca juga :  Faktor Penyebab Seseorang Gagal Turunkan Berat Badan Meski Telah Terapkan Defisit Kalori

Kekhawatiran yang dialami oleh Ibu Hamil selama menjalani proses kehamilan adalah sebuah hal yang wajar, kadang pikiran negatif ibu hamil juga sulit dihilangkan seperti, apakah calon bayi di rahim tumbuh normal, apakah calon bayi akan ada cacat dan sebagainya.

Namun ketakutan dan kekhawatiran berlebih akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan Ibu dan calon si Kecil.

Melihat banyaknya kekhawatiran pada calon orang tua serta banyaknya kasus mengenai kelainan ini, deteksi dini dibutuhkan untuk memberikan persiapan secara fisik dan mental kepada orang tua dari calon bayi.

Untuk mengidentifikasi kelainan kromosom pada bayi maka dikenal yang namanya Non Invasive Prenatal Test atau NIPT.

NIPT adalah bentuk tes skrining atau pemeriksaan yang bertujuan mengidentifikasi kelainan kromosom bayi yang belum lahir, yang dapat diindikasikan dengan menguji darah ibu.

Baca juga :  Gejala Hepatitis Akut Misterius Lengkap Dengan Langkah Pencegahannya

Orang sehat memiliki 23 pasang kromosom dengan 1 pasang berupa kromosom seks untuk menentukan jenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Uji NIPT dapat memeriksa salinan kromosom yang hilang atau disebut aneuploidi, yang sering dikaitkan dengan cacat mental atau fisik.

Dan, Aneuploidi yang paling sering ditemukan adalah trisomi 21 (Down Syndrome), trisomi 18 (Edward Syndrome), dan trisomi 13 (Patau Syndrome).

Karenanya, tanyaDNA hadir sebagai jawaban dari kekhawatiran para orang tua dalam mencari kepastian kesehatan bagi calon bayi.

tanyaDNA dilengkapi berbagai kategori produk mulai dari pregnancy, cancer assessment, lifestyle, personalized medicine, dan genomic check-up.

“Kami sangat senang dan antusias dapat menghadirkan NIPT tanyaDNA, tanyaDNA merupakan solusi tes genetik untuk gaya hidup sehat yang mudah dan nyaman,” ucap dr. Adittya, Direktur tanyaDNA.

Baca juga :  Menderita Asam Lambung, Jangan Lakukan Hal-hal Ini Agar Tidak Bertambah Parah

Adapun manfaat NIPT bagi orangtua adalah sebagai berikut :

Memiliki sang buah hati adalah hal yang membahagiakan bagi semua orang tua dan pastinya ingin memiliki keluarga yang optimal baik secara fisik dan mental.

Menurut dia, NIPT ini penting dilakukan oleh para ibu hamil untuk mengetahui kesehatan janin secara akurat, dan dapat mendeteksi jenis kelamin serta abnormalitas calon bayi seperti kelainan genetik atau kromosom sejak dini.

“Teknik pemeriksaan NIPT tanyadna memiliki kemampuan deteksi sangat akurat hingga 99 persen.” ujar dr. Adit.