Hufadexta-M, Obat Pereda Alergi, Gatal-gatal Dan Biduran Produksi PT. Gratia Husada Farma (HUFA)

Walaupun tak berbahaya secara medis, alergi kerap kali menggangu aktivitas. Reaksi tubuh yang menimbulkan berbagai kelainan pada tubuh seperti pilek, ruam kulit yang disebabkan alergen (pemicu alergi) ini haruslah segera dengan obat yang tepat.

Hufadexta-M hadir sebagai solusi untuk meredakan gejala alergi dan peradangan, seperti pilek, bersin, batuk, biduran, bengkak di bibir atau kelopak mata, konjungtivitis, atau rhinitis alergi serta gatal pada kulit, hidung, mata dan tenggorokan. Hufadexta-M merupakan Obat yang diproduksi PT. Gratia Husada Farma atau yang kerap di sebut HUFA.

Tiap kaplet Hufadexta-M mengandung 2 mg dexchlorpheniramine maleate dan 0,5 mg dexamethasone. Kombinasi antihistamin dan kortikosteroid pada Hufadexta-M dapat meredakan gejala alergi dan peradangan yang timbul saat terpapar alergen.

Gejala seperti rhinitis alergi, asma kronis yang berat, dermatitis atopik (eksim), reaksi alergi obat, serum sickness, konjungtivitis, radang kornea (keratitis), dan peradangan pada bagian mata lainnya juga dapat diatasi dengan Hufadexta-M.

Cara mengonsumsi Hufadexta-M

Baca juga :  Peranakan Turun Pada Perempuan Bisa Dicegah

Sebelum mengonsumsi Hufadexta-M, Anda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, tapi yang paling penting cek terlebih dahulu komposisi Hufadexta-M dan pastikan Anda tidak alergi dengan kandungan tersebut. Selain itu, konsumsi obat ini juga tidak dianjurkan bagi wanita hamil, ibu menyusui, lansia, dan anak berusia kurang dari 6 tahun.

Orang dewasa dan anak berusia di atas 12 tahun dianjurkan mengonsumsi Hufadexta-M 4 kali sehari sebanyak 1 sampai 2 kaplet, dan anak-anak berusia 6 sampai 12 tahun dianjurkan mengonsumsi 3 sampai 4 kali sehari sebanyak ½ kaplet.

Selain mengikuti dosis, konsumsi obat ini juga harus dilakukan dengan mengikuti anjuran dokter dan tidak dianjurkan untuk menambah dosis tanpa terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter dan membaca informasi yang tertera pada kemasan obat.

Hufadexta-M dapat dikonsumsi sesudah makan dan sebelum tidur dengan menelan langsung kaplet sesuai dosis yang dianjurkan tanpa mengunyah dan menghancurkannya terlebih dulu.

Jika setelah rutin mengonsumsi keluhan alergi dan peradangan makin membaik, Anda dapat mengurangi dosis secara bertahap dan bisa berhenti untuk mengonsumsi obat jika kondisi memungkinkan.

Baca juga :  Faktor Penghambat Pengobatan Gagal Jantung

Efek samping Hufadexta-M

Perlu diingat, kandungan dexchlorpheniramine di dalam produk ini dapat menyebabkan pusing, kantuk, dan penglihatan kabur. Maka itu, Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas dengan tingkat kewaspadaan tinggi seperti mengemudi.

Tak hanya itu, kandungan dexchlorpheniramine dan dexamethasone pada Hufadexta-M dapat menimbulkan interaksi tertentu jika dikonsumsi bersama obat lain.

Misalnya, konsumsi Hufadexta-M akan menimbulkan rasa kantuk yang berlebihan jika digunakan bersama obat pereda nyeri golongan opioid atau obat-obatan lain yang memiliki efek kantuk, serta memicu terjadinya peningkatan kadar dexamethasone dan terjadinya efek samping dari kandungan tersebut jika digunakan bersama obat ketoconazole, ritonavir, atau erythromycin.

Hufadexta-M sendiri mempunyai efek samping lain yang mungkin timbul setelah mengonsumsi obat dengan kandungan dexchlorpheniramine maleate dan dexamethasone.

Efek samping tersebut di antaranya mulut kering; pusing, vertigo, atau sakit kepala; penglihatan kabur; gangguan pencernaan, seperti mulas atau sembelit; nafsu makan meningkat; otot lemas; gangguan menstruasi; dan mengantuk.

Baca juga :  Ketahui Terapi Imunoterapi Sebagai Terobosan Terbaru Mengobati Kanker

Jika efek samping tersebut terjadi dan makin bertambah berat, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan menghentikan konsumsi obat ini.

Langkah ini juga harus dilakukan jika Anda mengalami reaksi alergi obat ditandai dengan munculnya ruam kulit yang gatal, bengkak pada bibir atau kelopak mata, bahkan sesak napas.

Untuk menjaga kualitasnya, simpan Hufadexta-M dapat disimpan di tempat yang kering, sejuk, dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung, serta jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Jadi mulai sekarang selalu ingat, jika alergi mulai menyerang, stop panik dan segera redakan dengan Hufadexta-M.(*)