Pejuang Kanker Perlu Dirangkul, Kamu Bisa Donasi Rambut Untuk Mereka Lewat Kampanye Ini

Penyakit kanker di Indonesia saat ini masih menjadi terus menjadi perhatian para ahli kesehatan.

Hal itu karena para penderita kanker umumnya mendatangi fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) setelah memasuki stadium lanjut.

Padahal deteksi dini penyakit kanker sangat penting untuk tindakan pencegahan serta penanganan awal.

Tidak jarang, pejuang kanker justru merasa semakin terpuruk dan tidak percaya diri karena harus kehilangan rambutnya yang perlahan rontok karena harus menjalani terapi pengobatan.

Terkait kondisi ini, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP mengatakan bahwa pihaknya berharap masyarakat dapat disiplin menerapkan pola hidup sehat serta melakukan deteksi dini penyakit kanker.

“Kami mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat, termasuk dengan melakukan deteksi dini kanker,” ujar Prof Aru, dalam webinar bertajuk ‘Lifebuoy Shampoo Menginspirasi Keluarga Indonesia’, Kamis (2/6/2022).

Baca juga :  Dikhawatirkan Jadi Pandemi, Virus Hendra Dapat Dicegah, Begini Caranya

Mengacu pada pentingnya meningkatkan kesadaran untuk deteksi dini terhadap penyakit kanker ini, YKI pun berkolaborasi dengan Lifebuoy Shampoo untuk mengadakan kampanye ‘Berbagi Kebaikan’.

Kampanye ini dilakukan sekaligus memperingati Hari Anak Internasional yang jatuh pada 1 Juni 2022.

Dalam kampanye tersebut, para keluarga Indonesia diajak untuk berbagi kebaikan dengan para pejuang kanker.

Head of Marketing Hair Care PT Unilever Indonesia, Tbk., Agus Nugraha mengatakan bahwa ada berbagai cara yang bisa dilakukan keluarga Indonesia untuk para pejuang kanker ini.

Mulai dari menyumbangkan potongan rambutnya yang dikirimkan melalui PO BOX Lifebuoy Berbagi Kebaikan JKT12000, dijadikan sebagai wig bagi para pejuang kanker agar mereka bisa tampil lebih percaya diri.

Baca juga :  Dampak Buruk Tak Konsumsi Makanan Berserat Saat Bulan Puasa

Hingga menyumbangkan donasi melalui platform KitaBisa.com, serta dapat pula mengikuti program Lifebuoy Special Edition, hasil pembelian produknya pun langsung disumbangkan ke YKI.

“Menunjukkan kalau kita peduli itu jauh lebih penting daripada apa yang kita berikan. Tapi kalau kita cuma bilang peduli tanpa adanya aksi, kayaknya ada yang kurang. Sehingga dengan kampanye Berbagi Kebaikan ini, kita punya berbagai metode supaya semua bisa ikut menunjukkan kepeduliannya terhadap pejuang kanker,” kata Agus.

Ia kemudian menegaskan bahwa sejumlah cara yang diambil pihaknya dan YKI ini merupakan bentuk kepedulian terhadap para pejuang kanker di Indonesia, serta menjadi cara untuk menumbuhkan rasa empati pada anak dan keluarga terhadap sesama.

Baca juga :  Benarkah Minum Teh Pahit Bisa Mengurangi Diare? Ini Jawaban Dokter

“Intinya, banyak cara yang kita sediakan, namun tujuannya adalah menunjukkan kepedulian kepada pejuang kanker, supaya mereka merasa diperhatikan. Kita juga bisa mendidik empati kepada keluarga kita dan anak kita,” tegas Agus.

Dalam peluncuran kampanye tersebut, artis cantik Mona Ratuliu dan anaknya, Syanala Kania Salsabila pun turut menyumbangkan rambut yang telah mereka pangkas untuk para pejuang kanker.