Tips Menghindari ‘Heat Stroke’ Saat Olahraga

Olahraga sejatinya dilakukan untuk menjaga kebugaran. Namun olahraga juga bisa berdampak buruk apabila tidak dilakukan dengan benar.

Pakar olahraga berpendapat ketika berolahraga, produksi panas tubuh akan meningkat terkait adanya proses metabolisme energi dalam tubuh yang menghasilkan panas. Cuaca panas turut andil dalam meningkatkan suhu tubuh.

Meningkatnya suhu tubuh selama olahraga berpotensi menimbulkan heat illness dengan gejala seperti heat cramp (kram otot), heat exhaustion (kelelahan), heat rash (muncul ruam merah pada kulit) hingga heat stroke yakni kondisi tubuh mengalami gejala berkunang-kunang, mual, pusing, kulit dingin namun berkeringat, bahkan pingsan.

Baca juga :  Pemeriksaan Hipertensi Tidak Cukup Hanya Dilakukan Sekali

Berikut tips untuk mengatasi heat stroke selama olahraga dari keterangan Taisho Pharmaceutical Indonesia yang diterima:

1. Minum yang cukup, agar cadangan air dan mineral dalam tubuh yang hilang selama berolahraga dan cuaca panas bisa segera digantikan dengan air minum

2. Gunakan pakaian yang tepat, yang berbahan ringan dan longgar. Jangan mengenakan jaket/pakaian berbahan tebal, maupun pakaian yang gelap karena akan semakin menyerap panas dari lingkungan. Jika perlu, bisa ditambahkan dengan kacamata dan topi ketika matahari cukup terik.

Baca juga :  Manfaat Mengonsumsi Vitamin Di Masa Pandemi Covid-19

3. Mengoleskan produk berbahan dasar menthol pada kulit untuk memberikan sensasi sejuk mendinginkan agar membantu proses penguapan panas dari dalam tubuh.

4. Lakukan latihan olahraga secara berkala, setidaknya selama satu jam, tidak perlu harus berlari jogging yang berat, tetapi dapat melakukan aktivitas fisik sedang seperti berjalan dengan langkah cepat atau senam ringan.

“Kebugaran fisik bagi tubuh manusia sama dengan penyetelan halus pada mesin, lakukan sesuai potensi kita sebab melibatkan kinerja jantung dan paru-paru, serta otot-otot tubuh. Apa yang kita lakukan dengan tubuh kita juga memengaruhi pikiran hingga kualitas tingkat kewaspadaan mental dan stabilitas emosi. Dengan kebugaran yang baik, maka para atlet dapat lebih berprestasi,” ujar Regional Commercial Director PT Taisho, Sonny Adi Nugroho.