Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh Dan Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Mendapatkan cukup vitamin D penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi yang khas, serta meningkatkan ketahanan terhadap penyakit tertentu.

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak dalam keluarga senyawa yang mencakup vitamin D1, D2, dan D3.

Mengutip Healthlines, tubuh memproduksi vitamin D secara alami ketika langsung terkena sinar matahari.

Tubuh juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan dan suplemen tertentu untuk memastikan kadar vitamin yang cukup dalam darah.

Vitamin D memiliki beberapa fungsi penting.

Di antaranya adalah mengatur penyerapan kalsium dan fosfor dan memfasilitasi fungsi sistem kekebalan tubuh yang normal.

Baca juga :  8 Mitos Dan Fakta Tentang Penyakit Diabetes Yang Perlu Diketahui, Mulai Obesitas Hingga Asupan Gula

Manfaat Vitamin D

1. Melawan penyakit

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D juga dapat berperan dalam:

– Mengurangi risiko multiple sclerosis (MS).

– Menurunkan kemungkinan penyakit jantung.

– Mengurangi kemungkinan penyakit parah.

– Mendukung kesehatan kekebalan tubuh.

2. Vitamin D dapat mengatur suasana hati dan mengurangi depresi

3. Mendukung penurunan berat badan

Gejala Kekurangan Vitamin D

Gejala kekurangan vitamin D pada orang dewasa, yakni:

– Kelelahan, sakit, dan nyeri

– Nyeri atau kelemahan tulang atau otot yang parah

– fraktur stres, terutama di kaki, panggul, dan pinggul

Baca juga :  Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi Dan Mulut Sejak Dini Untuk Mencegah Munculnya Penyakit Sistemik

Risiko Mendapatkan Terlalu Banyak Vitamin D

Toksisitas vitamin D dapat menyebabkan peningkatan kadar kalsium darah.

Hal ini dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti: mual, muntah, sakit perut, dehidrasi, kebingungan dan rasa haus yang meningkat.

Makanan Sumber Vitamin D

Anda dapat menemukan vitamin D dalam makanan berikut:

– Ikan salmon

– Ikan sarden

– Ikan haring

– Tuna kaleng

– Minyak hati ikan kod

– Hati sapi

– Kuning telur

– Udang

– Jamur biasa dan yang dirawat dengan sinar ultraviolet

Baca juga :  6 Manfaat Buah Pepaya: Atasi Peradangan Hingga Jaga Kulit Tetap Awet Muda

– Susu (diperkaya)

– Sereal dan oatmeal tertentu (diperkaya)

– Yogurt (diperkaya)

– Jus jeruk (diperkaya)

Mungkin sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D setiap hari melalui paparan sinar matahari dan makanan saja, jadi mengonsumsi suplemen vitamin D bisa membantu.

Artikel Terkait Lainnya

(Tribunnews.com/Widya)