Buah Dan Sayuran Ini Kaya Vitamin C Yang Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C merupakan vitamin esensial yang dibutuhkan tubuh manusia.

Vitamin C diperlukan karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga dapat membuat organ tubuh berfungsi sebagaimana mestinya.

Vitamin C juga merupakan antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan pertumbuhan sel serta fungsi sistem perederan darah.

Selain itu, mengurangi kanker, risiko penyakit jantung, hingga memperlambat proses penuaan.

Juga, membantu penyerapan zat besi dan kalsium, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mengurangi tingkat stres.

Tak seperti nutrisi lainnya, tubuh kita tidak dapat menghasilkan vitamin C.

Oleh karena itu, satu-satunya mendapatkan vitamin C adalah dengan mengonsumsinya.

Kekurangan vitamin C secara umum dapat menyebabkan rambut rontok, kuku rapuh, memar pada bagian tubuh tertentu, gusi bengkak, kulit kering, nyeri tubuh.

Serta kelelahan, penyakit kardiovaskular, perubahan suasana hati, infeksi, dan pendarahan hidung.

Untuk menyukupi vitamin C dalam tubuh, berikut sembilan makanan kaya vitamin C yang Tribunnews kutip dari Boldsky:

1. Jambu biji

Jambu biji adalah satu sumber terkaya vitamin C.

Baca juga :  Kolesterol Tinggi Setelah Lebaran? Coba Konsumsi 7 Minuman Ini Untuk Menurunkannya

Satu buah jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin C.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk memahami dampak jambu biji pada tingkat vitamin C seseorang.

Hal ini mempertegas, mengonsumsi buah tersebut secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total.

2. Paprika

Paprika dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Paprika kuning, yang memiliki rasa manis, mengandung 341 mg vitamin C.

Mengonsumsi paprika juga bisa membantu meningkatkan tingkat kekebalan tubuh.

Selain itu, paprika merah juga merupakan sumber vitamin C yang baik dan memiliki dampak langsung pada tingkat kekebalan.

3. Peterseli

Peterseli mengandung vitamin C dalam jumlah besar.

Ramuan peterseli sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dua sendok makan peterseli mengandung 10 mg vitamin C.

Selain itu, peterseli juga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dan meningkatakan kekebalan tubuh.

4. Kiwi

Para ahli sering merekomendasikan buah ini kepada orang yang menderita kekurangan vitamin C.

Baca juga :  Kemenkes Imbau Masyarakat Lakukan Pencegahan KLB Hepatitis Akut Pada Anak

Memasukkan buah ini ke dalam makanan sehari-hari tidak hanya dapat memperbaiki kekurangan ini, tetapi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Satu buah kiwi mengandung 273 mg nilai vitamin C harian yang direkomendasikan.

5. Brokoli

Sayuran hijau tersebut sering dianggap sebagai makanan “all-star” karena penuh nutrisi penting, mineral, dan vitamin, terutama vitamin C.

Seratus gram brokoli diketahui mengandung 89,2 mg vitamin C.

6. Leci

Mengonsumsi leci dapat berkontribusi pada kadar vitamin C dalam tubuh.

Mengonsumsi leci dapat membantu meningkatkan sintesis kolagen dan kesehatan pembuluh darah.

Sebanyak 100 gram leci mengandung 71,5 mg vitamin C dan ini juga kaya akan kalium dan lemak sehat.

7. Pepaya

Makan satu cangkir pepaya menyediakan 87 mg vitamin C, menjadikan buah itu sumber vitamin yang baik.

Pepaya mentah juga merupakan sumber vitamin C, juga vitamin A, folat, serat makanan, kalsium, kalium, dan asam lemak omega-3.

Baca juga :  Manfaat Infused Water Mentimun: Lawan Kanker Hingga Turunkan Tekanan Darah

8. Jeruk dan lemon

Mengonsumsi jeruk adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan jumlah vitamin yang dibutuhkan ke dalam tubuh.

Mengonsumsi satu jeruk ukuran sedang setiap hari dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin C.

Sebuah jeruk berukuran sedang menyediakan 70 mg vitamin C.

Selain itu, 100 gram lemon mengandung 53 mg vitamin X dan 100 gram jeruk nipis mengandung 29,1 mg vitamin C.

9. Cabai

Cabai megnandung minimal 65 mg vitamin C dalam satu cabai tunggal.

Sebagai nilai tambah, mengonsumsi cabai dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit.

(Tribunnews.com, Renald)