Tak Kalah Dari Ikan Salmon, Ini Kandungan Dan Manfaat Ikan Sidat Bagi Tubuh

Ikan salmon diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi anak.

Namun, harganya yang tinggi yaitu di kisaran Rp 290 ribu sampai- 310 ribu per kg menjadi kendala untuk menyajikan kedua sumber protein hewani tersebut.

Untuk menggantinya ada alternatif sumber lain yaitu ikan sidat. Ikan sidat belum dikenal luas masyarakat Indonesia, padahal populasi ikan ini banyak ditemukan di daerah Cilacap, Jawa Tengah.

Uniknya popularitas sidat lebih kesohor di negara Jepang, Korea Selatan, China, dan Taiwan.

Khusus di Jepang, sidat menjadi santapan favorit warganya dan dikenal dengan sebutan unagi. Maka tak heran jika orang Indonesia lebih mengenal sebutan unagi ketimbang sidat.

Kandungan gizi Ikan Sidat bisa belum banyak diketahui karena sedikit institusi yang menelitinya.

Hasil penelitian yang disajakan dalam jurnal IPB Volume 21 Nomor 3 Tahun 2018 itu menyebutkan bahwa ikan sidat kaya akan vitamin A, E, dan asam lemak tak jenuh Eicosapentaenoic acid (EPA) dan Docosahexaenoic acid (DHA) atau lemak omega-3.

EPA berperan menjaga imun tubuh, mengendalikan peradangan, dan membantu meringankan gejala depresi.

Adapun DHA termasuk bagian komponen utama yang membangun 8% berat otak. Itu sebabnya, jenis asam lemak ini dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak.

Mengutip dari Tribun Medan, kandungan DHA dan EPA yang ada pada ikan sidat sangat baik untuk bayi dan juga anak anak yang dalam masa pertumbuhan, karena kedua kandungan gizi tersebut dipercaya menunjang untuk mencerdaskan otak.

Baca juga :  Manfaat Donor Darah: Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung Dan Kanker

Bagi kaum ibu, jika ingin memperoleh khasiat Ikan Sidat tidak perlu repot-repot mencarinya. Sudah ada terobosan terkini yakni Madu Gizidat. Madu ini berkomposisi madu hutan, ekstrak temulawak, dan ekstrak Ikan Sidat.

Manfaat Gizidat penambah nafsu makan dan menguatkan daya tahan tubuh anak, dan menunjang tumbuh kembang anak.

“Gizidat menjadi nutrisi pelengkap yang tepat, mendampingi proses tumbuh kembang anak. Kandungan daging Sidatnya sendiripun sangat baik. Saya memberikan Gizidat ke anak jadi semakin sehat dan tidak mudah sakit,” terang Dokter Arnylia Djunaidy, dari London Beauty Centre Bandar Lampung.

Berikut sejumlah manfaat dari konsumsi Ikan Sidat secara benar dikutip dari Tribun Medan:

1. Menunjang Kecerdasan Otak Bayi

Kandungan DHA dan EPA yang ada pada ikan sidat sangat baik untuk bayi dan juga anak anak yang dalam masa pertumbuhan, karena kedua kandungan gizi tersebut dipercaya menunjang untuk mencerdaskan otak.

Daging ikan sidat juga baik untuk kita, karena mampu meningkatkan daya ingat, agar kita tidak mudah pikun saat sudah tua nanti.

2. Bagus Untuk Perkembangan Otak

Terbentuknya lemak fosfat bisa ditunjang dengan mengkonsumsi ikan sidat. Mengkonsusi ikan sidat juga sangat baik untuk perkembangan otak besar kita.

Baca juga :  Bukan Cuma Menghidrasi Tubuh, Ini 5 Manfaat Minum Air Mineral Untuk Kesehatan

3. Mengobati Pembuluh Darah Otak

Mengkonsumsi ikan sidat juga bermanfaat membantu mengobati pembuluh darah otak.

4. Menjaga Mata Dan Mengobati Mata Kita

Seperti kita ketahui vitamin A yang terkandung di dalam ikan sidat sangat tinggi. Sedangkan vitamin A memiliki peran penting dalam kesehatan indera penglihatan kita.

Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.

Nah mengkonsumsi ikan sidat berarti dapat membatu membantu mengatasi rabun jauh, rabun dekat serta mengatasi mata yang kering akibat kelelahan

5. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Salah satu bentuk Vitamin A yang dikenal dengan Beta Karoten, merupakan senyawa dengan aktifitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar.

Nah mengkonsumsi ikan sidat yang kaya akan vitamin A ini akan membantu meningkatkan imunitas tubuh kita, karena berperan sebagai antioksidan alami. Sehingga daya tahan tubuh kita lebih terjaga.

6. Membantu Mencegah Kanker

Salah satu fungsi Vitamin A adalah mampu melawan kanker dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker.

Nah ikan sidat yang kaya akan vitamin A ini tentunya dapat membantu mencegah penyakit kanker.

Baca juga :  8 Gejala Anak Menderita Hepatitis Akut, Ini Pesan Kementerian Kesehatan

7. Membantu Menyembuhkan Luka

Masih dengan vitamin A yang terkandung di daging ikan sidat. Yang mana vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

8. Membantu Mencegah Penyakit Aterosklerosis

Mengkonsumsi ikan sidat terbukti mampu mencegah munculnya penyakit aterosklerosis dan juga sekaligus mengurangi keletihan.

9. Membantu Mengatasi Lemak Jahat

Lemak tak baik atau lemak jahat yang ada dalam darah kita bisa berkurang. Sehingga mengkonsumsi ikan sidat secara teratur sangat cocok bagi kita yang sedang menjalani program diet.

10. Membantu Memperbaiki Sirkulasi Kapiler

Fungsi dari pembuluh kapiler adalah sebagai tempat pertukaran cairan, makanan, hormon, elektrolit, dan juga bahan bahan lainya. Secara otomatis rusaknya pembuluh kapiler bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit.

Nah jika kita mengkonsumsi ikan sidat secara teratur, tentunya akan membantu memperbaiki sistem sirkulasi kapiler dalam tubuh.

11. Mampu Menjaga Tekanan Darah

Dengan mengkonsumsi ikan sidat mampu menjaga tekanan darah kita agar tetap normal dan stabil. (*/tribunmedan)