Kandungan Dan Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan: Sumber Vitamin C Dan Antioksidan

Berikut ini kandungan dan manfaat mangga untuk kesehatan.

Mangga merupakan buah tropis yang memiliki manfaat dan nilai gizi tinggi.

Dikutip dari pertanian.go.id, mangga merupakan salah satu buah yang paling bergizi dari semua buah.

Hal ini dikarenakan mengandung sekitar 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Kandungan buah mangga di antaranya :

– Mineral, seperti besi, tembaga, kalium, selenium, mangan, fosfor, seng, dan kalsium

– Karbohidrat tinggi

– Vitamin A, vitamin C, dan vitamin B, serta vitamin E dan vitamin K meski kadarnya tidak banyak

– Senyawa lutein, asam galat, asam anakardat dan kriptozantin

– Serat, membantu dalam penambahan berat badan, pergerakan usus yang sehat dan teratur dan membantu menjaga kesehatan usus besar

Manfaat Mangga bagi Kesehatan :

1. Sumber Vitamin C

Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan mengandung vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg.

Baca juga :  Mengenal Alopecia Areata, Gangguan Autoimun Yang Sebabkan Kerontokan Rambut

Artinya jika mengonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), maka kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

Vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi.

2. Sumber Serat

Mangga mengandung serat sekitar 1,8 persen.

Jumlah ini sudah mampu untuk mencukupi kebutuhan serat manusia.

Serat ini bermanfaat untuk mengurai semua makanan dengan mudah dan diabsorpsi dengan baik oleh usus.

3. Sumber Air

Mangga mengandung unsur air yang paling tinggi.

Dalam setiap 100 gram mangga ranum terdapat 84 persen air, 41 mg vitamin C, dan 73 kalori energi.

Baca juga :  Alami Osteoporosis Saat Lansia Dipicu Kekurangan Kalsium Saat Anak-anak

Sedangkan mangga muda mengandung 84 persen air, 65 mg vitamin C, dan 66 kalori energi.

Jika dibandingkan dengan jumlah kandungan vitamin C pada jeruk dimana setiap 100 gram bagian jeruk manis yang bisa dimakan, terkandung 49 mg vitamin C.

Maka ternyata kandungan vitamin C mangga muda masih lebih tinggi.

Angka kebutuhan rata-rata konsumsi vitamin C yang dianjurkan bagi setiap pria adalah 40 mg dan wanita 30 mg perhari.

4. Antioksiden

Kandungan berbagai macam senyawa dalam buah mangga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Tips Memilih Buah Mangga

Dikutip dari Tribun Lampung, berikut cara memilih mangga yang manis :

1. Warna Buah

Bagi yang ingin membeli mangga yang sudah tergolong matang, pililah yang berwarna hijau kekuning-kuningan, berkulit licin, dan beraroma harum.

Baca juga :  Makanan Yang Mengandung Asam Folat, Baik Untuk Program Hamil Hingga Ibu Hamil

2. Permukaan Buah

Hindarilah memilih buah mangga yang terlalu keras atau justru terlampau lembek, tampak memar, atau berbau fermentasi.

3. Kulitnya Mulus dan Harum

Pilih mangga yang bonggol dan ujung pangkalnya berwarna kekuningan dan harumnya sampai ke ujung buah. Kulitnya pun mulus dan kencang, tidak mengerut.

4. Warna Hijau Lebih Manis dan Renyah

Untuk mangga jenis si manalagi, sebaiknya justru pilih yang masih berwarna hijau, karena akan terasa lebih manis dan renyah saat dimakan.

(Tribunnews.com/Gilang Putranto) (TribunLampung.co.id)