Jadi Nomor Urut Dua Pembiayaan Pengobatan Terbesar, Kemenkes Ajak Masyarakat Cegah Penyakit Ginjal

Saat ini negara Indonesia tengah menghadapi tiga hal penyakit.

Pertama penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging seperti Covid 19.

Kedua, penyakit menular dan belum teratasi dengan baik. Dan ketiga adalah penyakit tidak menular (PTM).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO,

Tantangan penyakit kesehatan di Indonesia saat terhitung cukup besar. Begitu pula pada angka penyakit tidak menular sudah mulai meningkat.

“Hal ini dikarenakan pola makan yang tidak baik, jarang gerak, tinggi garam, tinggi gula, serta makanan instan lain. Begitu pula pada pengelolaan stres sehingga muncul hipertensi, obesitas, diabetes dan sebagainya,” paparnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (9/3/2022).

Baca juga :  Tak Banyak Yang Tahu, Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Punya Dampak Baik Untuk Kesehatan

Naiknya angka penyakit tidak menular membuat pembiayaan negara keluar cukup besar.

Berdasarkan hasil studi TNP2K dengan data dari BPJS, jumlah kasus dan pembiayaan penyakit katastropik dari tahun 2014 hingga tahun 2018 mengalami kenaikan.

Tahun 2014 terdapat 6.116.535 kasus dengan total pembiayaan sebesar Rp 9.1 triliun. Sedangkan pada tahun 2018, angka kasus menjadi 19.243.141 kasus dengan jumlah pembiayaan Rp 20,4 triliun.

Penyakit ini banyak dialami oleh usia di atas 50 tahun. Namun berdasarkan hasil Riskesdas 2018 mendapatkan bahwa usia kelompok dewasa (mulai 20 – 49 tahun) sudah banyak yang terkena PTM.

Baca juga :  Kebelet Pipis Saat Terjebak Macet, Ini Bahayanya Jika Sering Menahan Lama

Salah satu penyakit tidak menular yang mengeluarkan pembiayaan kesehatan cukup besar adalah ginjal. Dr Imran pun menyebutkan pengeluaran pembiayaan untuk penyakit Gagal ginjal pada tahun 2018 mencapai 1,9 triliun.

Sedangkan pada tahun 2019 Rp 2,7 triliun. Dan pada tahun 2020 sebesar Rp 2,2 triliun. Saat ini gagal ginjal menjadi posisi nomor urut dua sebagai pembiayaan katastropik tertinggi di Indonesia.

Baca juga :  Apa Itu Hepatitis? Berikut Gejala Dan Cara Mengatasinya

Menurut dr Imron, PTM adalah penyakit yang sebenarnya bisa dicegah. Caranya dengan mengenali faktor risikonya dan mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

Lalu cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin beraktivitas fisik, diet yang sehat dan seimbang, istirahat yang cukup dan kelola stress (CERDIK).