5 Jenis Olahraga Untuk Orang Yang Kelebihan Berat Badan Dan Rekomendasi Jadwal Olahraga Teratur

Olahraga teratur adalah aktivitas yang dapat menyehatkan tubuh.

Ada berbagai jenis olahraga yang dapat diterapkan oleh seseorang yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

Orang yang kelebihan berat badan juga dapat melakukan olahraga tertentu, terutama bagi pemula.

Jadwal Olahraga Teratur

Dikutip dari Healthline, The American Heart Association (AHA) Trusted Source merekomendasikan setidaknya 150 menit setiap minggu olahraga sedang, untuk pemula.

Pelaksanaannya dapat dilakukan selama 30 menit latihan dalam lima hari seminggu.

Meski terlihat berat, waktu yang disebut AHA hanya sebagai rekomendasi.

Sehingga, setiap orang yang obesitas dapat memulai dengan durasi waktu sesuai kemampuan.

Kemudian, mereka dapat meningkatkan durasi waktu seiring berjalannya olahraga rutin.

Faktanya, tiga kali latihan 10 menit sehari dapat mengurangi kalori yang sama dengan 30 menit terus menerus.

Tidak masalah jika sesi olahraga menjadi sangat singkat sehingga tidak terlalu berkontribusi terhadap kalori yang terbakar.

Yang terpenting adalah memulai terlebih dahulu sesuai kemampuan dan terjadwal.

Jenis Olahraga untuk Orang yang Kelebihan Berat Badan

Cara terbaik untuk menentukan jenis olahraga ini adalah mengikuti kegemaran diri sendiri.

Berikut ini adalah olahraga yang dapat dicoba oleh yang memiliki kelebihan berat badan.

Baca juga :  Rekomendasi Olahraga Level Ringan Hingga Medium Di Malam Hari, Simak Juga Risikonya

1. Berjalan-jalan

AHA menyebutkan aktivitas seperti menaiki tangga dan jogging adalah cara termudah dan paling efektif untuk beralih ke gaya hidup yang lebih sehat.

Prinsipnya adalah olahraga dengan mulai berjalan-jalan.

Olahraga ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Namun, alangkah baiknya jika berjalan-jalan ini dilakukan sesuai jadwal dengan durasi waktu 15-30 perhari.

Berjalan dengan jarak tertentu juga dapat membakar kalori secara perlahan.

2. Aerobik Air

Melakukan olahraga di dalam air memiliki banyak manfaat.

Air membantu menopang berat badan, sehingga mereka akan merasa lebih ringan menggerakkan badan.

Selain itu, aerobik air juga aman dan mengurangi dampak terhadap persendian.

Sehingga, dapat mengurangi risiko sakit pinggul atau lutut karena bergerak.

Jenis aeorbik air yang dapat dilakukan adalah bermain bola air.

3. Stationery Bike

Stationery Bike atau Sepeda stasioner memiliki sandaran yang menjadikannya pilihan yang baik untuk orang yang kelebihan berat badan.

Beberapa orang yang kelebihan berat badan tidak memiliki inti perut yang kuat, sehingga membuatnya sulit untuk duduk di atas sepeda stasioner yang tegak.

Baca juga :  Dampak Positif Pandemi, Anak Muda Mulai Sering Sarapan, Ini 6 Manfaatnya Bagi Tubuh

Sandaran pada sepeda juga mengurangi tekanan pada tulang belakang bagian bawah, yang merupakan keluhan umum bagi orang yang kelebihan berat badan.

Olahraga ini menggabungkan jenis olahraga berjalan dan mengayuh sepeda di tempat.

Stationery Bike adalah cara yang baik untuk menargetkan otot-otot yang berbeda di tubuh bagian bawah.

4. Mesin Kardio

Dikutip dari Very Well, beberapa mesin kardio bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang yang kelebihan berat badan.

Selain stationery bike, sepeda dengan penggunaan telentang juga dapat digunakan dengan lebih mudah dan nyaman.

Bersepeda adalah cara yang bagus untuk membakar kalori dengan dampak yang lebih kecil pada persendian.

Mesin Kardio dalam bentuk sepeda telentang adalah pilihan cerdas jika mereka yang kelebihan berat badan mengalami sakit punggung, masalah persendian, atau membutuhkan lebih banyak dukungan pada punggung.

Ada juga jenis mesin kardio cross trainer recumbent di pasaran, yang menawarkan lebih banyak variasi jika bosan mengayuh.

Mesin ini mirip dengan stepper dan memungkinkan pengguna melatih tubuh bagian atas dan bawah dengan lebih sedikit tekanan pada persendian.

Baca juga :  Optimis Dan Pelonggaran Berlebihan Dapat Pengaruhi Pengendalian Pandemi

Pilihan lainnya adalah DeskCycle atau set pedal portabel serupa.

Perangkat kecil yang ringan ini memungkinkan pengguna mengayuh sambil duduk di meja atau di kursi yang nyaman.

5. Latihan Olah Pikiran dan Tubuh

Latihan pikiran-tubuh adalah jenis olahraga yang lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

Biasanya terdiri dari kelas yoga, meditasi bergerak, dan Qigong.

Namun, beberapa jenis olah pikiran dan tubuh sulit dilakukan oleh orang yang kelebihan berat badan.

Jenis olah pikiran dan tubuh yang dapat mereka lakukan adalah Tai Chi.

Tai Chi menggunakan serangkaian gerakan mengalir untuk meningkatkan jangkauan gerakan pada persendian dan menggabungkan beberapa postur keseimbangan (biasanya berdiri).

Selain itu, Tai Chi juga menggabungkan elemen meditasi yang membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Gaya Hidup Sehat