Cara Hilangkan Bau Mulut Bawaan Dari Lahir

 Bau mulut ternyata ada yang disebabkan oleh faktor bawaan dari lahir. Hal ini sangat tergantung sifat ludah.

Dokter gigi sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM, Dr. drg. Bambang Priyono, S.U., mengatakan orang dengan jumlah produksi air ludahnya sedikit memiliki kemungkinan untuk bisa bau mulut.

Jadi walaupun gigi sudah disikat secara rutin dan sudah kelihat bersih sekalipun, bau mulut bisa muncul karena faktor produksi air ludah yang sedikit.

Oleh karena itu, ia menyarakan untuk turut menyikat lidah disamping menyikat gigi itu sendiri.

Baca juga :  Penyakit Tidak Menular Masih Dominan Sebabkan Kematian

“Karena ludah sedikit, mulut kemudian sering kering, dan terjadilah bau mulut. Untuk menguranginya bisa dengan menyikat lidah,” tegas Dr. drg. Bambang Priyono, S.U. dalam webinar ‘Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Rangka Dies Natalis ke-74 FFKG UGM’ yang diunggah ke kanal Youtube UGM FKG pada, baru-baru ini.

Menghilangkan Bau Mulut

Ada berbagai macam penyebab bau mulut. Faktor yang dijelaskan di atas, produksi air ludah yang sedikit, hanya salah satunya saja.

Selain itu, bau mulut juga disebabkan oleh penumpukan sisa makanan di permukaan gigi yang tidak dibersihkan, kerusakan pada gigi atau karies gigi. dan lain sebagainya.

Baca juga :  Gejala Dan Cara Cegah Hepatitis Misterius: Cuci Tangan Hingga Tidak Bergantian Alat Makan

Untuk menghilangkannya, dokter gigi sekaligus dosen FKG UGM, drg. Fania Chairunisa, MPH, mengatakan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab bau mulut itu sendiri.

Jika terjadi penumpukan makanan di permurkaan gigi, maka menyikat gigi dapat menjadi solusinya.

Akan tetapi, jika setelah menggosok gigi mulut masih bau, maka tindakan selanjutnya adalah memeriksakan gigi ke dokter. Hal ini guna untuk mengidentifikasi adanya kerusakan gigi dan lain sebagainya.

Baca juga :  Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Setelah Makan Hidangan Lebaran

Dengan dibawa ke dokter gigi, maka tindakan atau pengobatan dapat dilakukan seperti ditambal, dicabut, dan lain-lain.

“Kalau gigi kita itu sehat, tidak ada yang rusak, nanti bau mulut itu akan hilang juga,” terang drg. Fania.