Tips Tetap Bugar Saat Jalani Puasa

Banyak yang khawatir olahraga saat puasa dapat membuat kita lelah dan dehidrasi. Kekhawatiran ini juga yang kerap dijadikan alasan untuk tidak berolahraga sama sekali saat puasa. Padahal, olahraga ringan tetap dibutuhkan agar tubuh tetap bugar.

Selama bulan Ramadan, pola tidur dan makan kita berubah cukup drastis. Hal ini sedikit banyak berpengaruh pada stamina dan metabolisme tubuh. Makanya, olahraga ringan tetap dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan kinerja tubuh kita.

Agar tidak mengganggu ibadahmu, berikut ini ada tips olahraga saat puasa yang bisa kamu coba agar tetap bugar:

1. Olahraga sebelum berbuka puasa

Supaya kamu tidak kelelahan dan haus, hindari berolahraga di siang hari. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah 1 jam menjelang buka puasa. Kamu jadi tidak perlu menunggu lama untuk recharge energi dan menahan rasa haus usai berolahraga. Hitung-hitung sekalian ngabuburit produktif di rumah.

Kamu juga bisa berolahraga setelah berbuka puasa agar lebih maksimal karena energi sudah terisi penuh. Namun, pastikan untuk menunggu minimal 1-2 jam setelah makan agar makanan tercerna dengan baik.

Baca juga :  Posisi Tidur Pengaruhi Kondisi Penderita Gangguan Asam Lambung

2. Pilih jenis olahraga yang ringan

Selama puasa, sebaiknya pilih jenis olahraga yang ringan seperti squat, sit up, push up, atau yoga. Gerakan olahraga ini tergolong simpel dan dapat dilakukan di rumah saja, tanpa perlu ke gym.

Kamu hanya perlu menyiapkan matras olahraga sebagai alas untuk meminimalisir benturan dan risiko cedera. Butuh info atau tips memilih matras yoga yang tepat untuk olahraga? Cek di sini.

Di ACE Indonesia, kamu bisa menemukan berbagai matras yang nyaman digunakan untuk olahraga. Salah satunya, Matras Yoga Kiwikana. Matras ini terbuat dari material TPE berkualitas yang mudah dibersihkan. Memiliki ketebalan 0,5 cm, matras yoga Kiwikana ini empuk dan mampu mengurangi benturan.

Matras ini juga dilengkapi antislip sehingga tidak mudah bergeser dan meminimalisir risiko cedera saat latihan. Tak hanya itu, matras yoga Kiwikana juga dilengkapi dengan anti-slip, sehingga mampu mencegah tubuh dari pegal atau cedera.

3. Memperhatikan asupan gizi saat sahur dan berbuka

Salah satu kunci agar kondisi tubuh tetap prima dan stamina terjaga saat olahraga adalah asupan gizi. Pastikan menu santap sahur dan berbukamu tidak sekadar mengenyangkan, tapi juga memiliki nutrisi yang seimbang. Ada karbohidrat, protein, vitamin dan berbagai mineral.

Baca juga :  Dampak Jangka Panjang Jika Kekurangan Vitamin D

Supaya kenyang lebih lama, kamu bisa memperbanyak konsumsi protein. Pastikan juga banyak minum air putih saat sahur dan berbuka agar tubuhmu mendapat cairan yang cukup.

Untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup dan seimbang selama berpuasa, kamu tak perlu bingung. Ada 5 rekomendasi menu sahur sehat dan praktis yang bisa kamu coba. Klik di sini untuk melihat daftar lengkapnya.

4. Memangkas intensitas dan durasi olahraga

Tips kedua yang bisa kamu coba terapkan adalah mengurangi intensitas olahraga. Contohnya, kamu ingin olahraga angkat beban. Dari yang biasanya kamu menggunakan dumbbell berbobot 10 kg, kurangi jadi 8 kg. Atau dari 8 kg jadi 6 kg. Coba kurangi 2 kg dari setiap beban yang biasa kamu gunakan.

Untuk dumbbell-nya, pilih yang nyaman digunakan seperti Dumbbell Neoprene Berwyn. Dumbbell yang satu ini dilengkapi lapisan Neoprene untuk memberikan grip yang lebih nyaman dan antislip. Lapisan neoprene juga dapat meminimalisir goresan saat diletakkan di lantai. Pilihan beratnya pun beragam, mulai dari 1 kg hingga 5 kg.

Baca juga :  Dermatologist Sarankan Ibu Hentikan Menggunakan Skincare Yang Mengandung Bahan Ini Saat Hamil

Selain mengurangi intensitas, kamu juga bisa mengurangi durasi olahraga. Misalnya dari biasanya 30 menit full olahraga, bisa dikurangi jadi 15-20 menit saja. Hal ini untuk mencegah kelelahan dan turunnya konsentrasi saat berolahraga yang malah bisa mengakibatkan cedera.

Itu dia empat tips olahraga yang bisa kamu coba agar tetap bugar selama berpuasa. Seluruh produk yang disebutkan di atas untuk mendukung kebutuhan dan kenyamanan kamu berolahraga bisa ditemukan di toko ACE Indonesia terdekat. Kamu juga bisa belanja dari rumah melalui WhatsApp Shopping, ACE Online atau aplikasi MISS ACE.