10 Cara Mudah Atasi Kolesterol, Ketahui Penyebab Dan Faktor Risikonya

 Kolesterol dalam tubuh harus sesuai dengan kadar yang dibutuhkan, agar dapat bekerja dengan baik dalam tubuh.

Dikutip dari Healthline.com, kolesterol merupakan jenis lipid berupa zat lilin yang mirip seperti lemak dan diproduksi oleh hati secara alami.

Kolesterol ini sangat penting untuk pembentukan selaput sel, hormon tertentu, dan vitamin D.

Lipoprotein adalah partikel yang terbuat dari lemak dan protein.

Lipoprotein membawa kolesterol dan trigliserida (jenis lipid lain) melalui aliran darah Anda.

Dua bentuk utama lipoprotein adalah lipoprotein densitas rendah (LDL) dan lipoprotein densitas tinggi (HDL).

Tetapi kolesterol ini sering kali tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan jumlah darah melonjak terlalu tinggi.

Jika darah Anda mengandung terlalu banyak kolesterol LDL (kolesterol yang dibawa oleh lipoprotein densitas rendah), itu dikenal sebagai kolesterol tinggi.

Kolesterol ini menempel pada dinding arteri pembuluh darah dalam tubuh kita.

Hal ini menyebabkan adanya peredarah darah yang jadi tidak lancar dan berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Penumpukan ini juga dikenal sebagai plak kolesterol.

Plak ini dapat mempersempit pembuluh darah, membatasi aliran darah, dan meningkatkan risiko pembekuan darah.

Jika gumpalan darah menghalangi arteri di jantung atau otak Anda, itu dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Baca juga :  Cara Mencegah Anak Terpapar Hepatitis, Masak Makanan Yang Bersih Dan Matang Penuh

Baca juga: Cara Aman Penderita Kolesterol Tinggi Santap Opor di Hari Lebaran.

Berikut Cara Mengatasi Kolesterol yang dikutip dari Healthline.com:

1. Batasi asupan makanan yang tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans.

2. Pilih sumber protein tanpa lemak, seperti ayam, ikan, dan kacang-kacangan.

3. Makan berbagai makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

4. Memilih makanan yang dipanggang, dipanggang, dikukus, dan dipanggang alih-alih makanan yang digoreng.

5. Hindari makanan cepat saji dan junk food.

6. Konsumsi ikan dan makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 juga dapat membantu menurunkan kadar LDL, misalnya; salmon, mackerel, dan herring adalah sumber omega-3 yang kaya.

7. Konsumsi kacang kenari, almond, biji rami bubuk, dan alpukat juga mengandung omega-3, yang baik untuk memperbaiki kadar kolesterol Anda.

8. Selain itu hindari konsumsi alkohol berlebihan.

9. Pertahankan berat badan yang sehat atau lakukan diet sehat dengan berolahraga secara teratur.

10. Tidak merokok, karena rokok memiliki kandungan dan zat yang kurang baik bagi tubuh.

Makanan yang harus dihindari:

– Daging merah, daging organ, kuning telur, dan produk susu tinggi lemak

Baca juga :  Makanan Yang Harus Dihindari Agar Asam Lambung Tidak Naik, Apa Saja?

– Makanan olahan dibuat dengan cocoa butter, minyak sawit, atau minyak kelapa

– Makanan yang digoreng, seperti keripik kentang, onion ring, dan ayam goreng

– Makanan panggang tertentu, seperti beberapa kue dan muffin.

Penyebab kolesterol tinggi

Dikutip dari Healthline.com, kolesterol tinggi disebabkan karena beberapa hal sebagai berikut:

– Makan terlalu banyak makanan yang tinggi kolesterol seperti lemak jenuh, dan lemak trans.

Makanan mengandung lemak dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi.

– Faktor gaya hidup lainnya juga dapat berkontribusi terhadap kolesterol tinggi.

Misalnya, kurang olahraga dan aktif merokok ini beresiko meningkatkan kadar kolesterol.

– Genetika Anda juga dapat memengaruhi peluang Anda mengembangkan kolesterol tinggi.

Gen diturunkan dari orang tua ke anak-anak, gen tertentu akan mengajarkan tubuh Anda tentang cara memproses kolesterol dan lemak.

– Memiliki kecenderungan hiperkolesterolemia keluarga.

Gangguan genetik ini mencegah tubuh Anda menghilangkan LDL.

Menurut National Human Genome Research Institute, kebanyakan orang dewasa dengan kondisi ini memiliki kadar kolesterol total di atas 300 mg / dL dan kadar LDL di atas 200 mg / dL.

– Kondisi kesehatan lainnya, seperti diabetes dan hipotiroidisme , juga dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi dan komplikasi terkait.

Baca juga :  Makanan Lebaran Banyak Yang Mengandung Kolesterol, Simak Tips Turunkan Kadar Kolesterol Pada Tubuh

Faktor risiko kolesterol tinggi

– Kelebihan berat badan atau obesitas.

– Makan makanan yang tidak sehat.

– Tidak berolahraga secara teratur.

– Merokok produk tembakau.

– Memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi.

– Menderita diabetes, penyakit ginjal, atau hipotiroidisme.

Jika tidak diobati, kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak menumpuk di arteri Anda.

Seiring waktu, plak ini dapat mempersempit pembuluh darah Anda, kondisi ini dikenal sebagai aterosklerosis .

Aterosklerosis dapat menyebabkan banyak komplikasi yang mengancam jiwa, seperti:

– stroke

– serangan jantung

– angina (nyeri dada)

– tekanan darah tinggi

– penyakit pembuluh darah perifer

– penyakit ginjal kronis.

Bila Anda memiliki gejala serius atau kadar kolesterol tidak kunjung membaik, Anda disarankan untuk segera mengkonsultasikan masalah kesehatan Anda tersebut kepada dokter agar segera ditangani oleh pihak medis.

(Tribunnews.com/Oktavia WW)

Berita lain terkait Cara Atasi Kolesterol