Lima Tips Jaga Pola Makan Pasca Bulan Ramadan, Pentingnya Sarapan Pagi Hingga Olahraga

Membangun pola makan yang baik akan lebih mudah daripada menjaganya. Seperti di masa Ramadan yang kini berakhir.

Bulan Ramadan menjadi momen yang pas untuk menata pola makan.

Berikut tips yang bisa dilakukan untuk tetap bisa menjaga pola makan:

Seperti dikutip dari dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR), Lailatul Muniroh SKM M Kes.

Pertama, jangan lewatkan sarapan

Dosen mata kuliah gizi dan produktivitas itu menekankan pentingnya sarapan sebelum memulai aktivitas. Sarapan dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga terhindar dari nafsu makan berlebih.

Baca juga :  Cara Aman Penderita Kolesterol Tinggi Santap Opor Di Hari Lebaran

Ia menganjurkan makanan sarapan sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat yang cukup.

Kedua, batasi camilan tinggi kalori

“Tidak heran saat lebaran banyak sekali camilan, kue yang tinggi kalori. Bukan tidak boleh sama sekali, namun kita bisa membatasi konsumsi camilan/kue lebaran yang disajikan,” ungkap Laili.

Ia menjelaskan, akan lebih baik jika memperbanyak konsumsi camilan/makanan rendah kalori namun kaya akan serat seperti sayur dan buah-buahan.

Beberapa rekomendasi antara lain buah melon, semangka, pepaya, dan jeruk karena mengandung indeks glikemiks rendah, serta memiliki banyak air dan serat.

Baca juga :  Tanda Dan Gejala Hepatitis Akut Pada Anak-anak, Diare Hingga Mata Menguning

Ketiga, atur porsi makan dengan gizi seimbang

“Prinsip makanan sebenarnya sama, yaitu gizi seimbang dengan komposisi dan porsi yang cukup,” ujar Laili.

Laili pun menyarankan untuk makan dalam porsi kecil agar kalori yang dikonsumsi tidak berlebih. Selain itu, juga dianjurkan kandungan yang sebaiknya terdapat pada makanan yang dikonsumsi, mulai dari karbohidrat kompleks, protein hewani dan nabati, lemak baik, vitamin mineral, serat, dan air

Keempat, perbanyak minum air putih

Konsumsi air putih dapat melancarkan pencernaan dan membuang semua sisa makanan dan lemak dengan baik, setidaknya 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter.

Baca juga :  Tips Aman Membeli Daging Sapi, Pilih Yang Digantung

Kelima, tetap olahraga

Tak hanya makanan olahraga juga tetap harus dibiasakan. Menurutnya, jenis olahraga yang dapat ditekuni bisa beragam sesuai minat masing-masing, asal dilakukan secara konsisten dan dengan waktu yang cukup.