Anak Di Bawah 5 Tahun Rentan Terkena Hepatitis Akut, Apa Yang Perlu Orangtua Lakukan

 Spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr dr Hanifah Oswari, SpA(K), mengatakan penyakit Hepatitis Akut sampai saat ini belum diketahui penyebabnya.

Dari laporan yang ada, Hepatitis Akut saat ini bukan disebabkan Hepatitis A, B, C, E dan banyak menyerang anak-anak dibawah 16 tahun dan lebih banyak lagi dibawah 5 tahun.

Pakar kesehatan anak ini mengatakan, ada beberapa virus yang diduga berperan memginfeksi, antara lain Adenovirus tipe 41, SARS-COV2,TBC, dan EBV.

Baca juga :  Begini Peluang Kerja Sama Bisnis Indonesia Dan China Di Bidang Kesehatan

“Kebanyakan virus yang diduga ini penularannya melalui saluran cerna dan saluran napas, marena itu mencegahnya adalah menjaga jangan sampai anak anak kita jangan sampai terinfeksi jalan masuknya virus,” kata dia dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/5/2022).

Lantas apa yang harus dilakukan orangtua untuk melindungi anak-anak terhadap penyakit Hepatitis misterius ini?

Orangtua dan semua orang disekitarnya harus membiasakan diri hidup bersih dan sehat.

Baca juga :  Cara Menjaga Mental Health, Dilengkapi Kebiasaan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Misalny, tindakan cuci tangan dengan sabun, terutama saat ingin makan. Lalu, memastikan makanan yang dikonsumsi itu matang. Tidak menggunakan alat makan bersama orang lain.

“Hindari kontak dari orang yang sakit. menjaga infeksi dari saluran napas ialah, memakas masker, menjaga jarak dan lainnya,” ujar Dokter Hanifah.

Ia menyebut pemerintah sudah mengeluarkan surat edaran tentang kewaspadaN terhadap penemuan kasus Hepatitis Akut ini.

Baca juga :  Lansia Yang Kesepian Berisiko Alami Malnutrisi

Pemerintah sudah meminta tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi khususnya virus.