Cegah Hepatitis Akut Berat Pada Anak, Dokter Ingatkan Jangan Pakai Alat Makan Bersamaan

Penyakit Hepatitis akut berat yang belum diketahui penyebab diduga telah masuk ke Indonesia.

Penyakit ini diduga masuk melalui saluran pencernaan dan pernafasan.

Untuk itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pun mengingatkan, orangtua agar menyiapkan sendiri makanan yang terbaik bagi anak.

“Karena diduga masuk saluran cerna pencegahan lewat oral atau mulut. Sebaiknya menyiapkan makanan anak sebelum berangkat. Hindari makan-makan di luar, jajan di luar di tempat-tempat yang kira ragukan kebersihannya,” ujar Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Muzal Kadim, SpA(K) dalam konferensi pers virtual, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga :  Tiga Gangguan Kulit Yang Kerap Terjadi Saat Menjalani Puasa

Dengan menyiapkan makanan sendiri, orangtua pasti menjaga kebersihan dalam proses mengolahnya, seperti sebelum memasak mencuci tangan dengan sabun.

“Standar kebersihan orangtuanya. Terbaik, jika makanan anak itu kita siapkan sendiri. Kalaupun harus makan di luar, pastikan aman bahan baku dan yang menjual bersih serta terpercaya,” imbuhnya.

Selain itu, orangtua juga diharapkan tidak menggunakan alat makan anak terutama bayi yang bercampur dengan orang dewasa.

Baca juga :  20 Manfaat Jalan Kaki Pagi: Menurunkan Berat Badan Hingga Mencegah Diabetes

Sediakan sendok, piring, maupun gelas khusus yang tidak digunakan orang lain.

“Sendok jangan bercampur, alat-alat makan juga bisa menularkan. Untuk anak disiapkan sendiri. Air minum harus dimasak,” pesannya.