Cara Atasi Kulit Dehidrasi Saat Berpuasa Di Bulan Ramadan

Ketika bulan Ramadan ada beberapa masalah kulit yang kerap dihadapi oleh setiap orang.

Biasanya, saat sedang berpuasa tubuh kekurangan asupan cairan dalam waktu yang lama.

Kulit rentan menjadi dehidrasi. Hal ini disampaikan oleh Dermatologist dr Dian Pratiwi Sp KK FINSDV FAADV CCA dalam acara Kartini Fitri KG yang dilaksanakan di Bentara Budaya, Jakarta.

“Dehidrasi itu adalah kondisi dimana kulit kekurangan cairan. Nanti ada lagi nih temennya satu lagi, yaitu kulit kering. Nah ini agak beda. Kalau dehidrasi kekurangan cairan, kulit kering kekurangan minyak,” ungkapnya pada Kamis (22/4/2022).

Baca juga :  Beberapa Jenis Teh Yang Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung Hingga 50 Persen

Biasanya pada bulan puasa, asupan cairan dibatasi, sehingga dikhawatirkan alami dehidrasi. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, harus minum air yang cukup.

Pada saat sahur dan begitu berbuka. Sepanjang malam juga sudah pasti harus minum. Tentunya juga bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi risiko dehidrasi.

Setidaknya ada tugas cara. Pertama menggunakan face mist spray. Aplikasikan pada wajah dengan cara disemprotkan. Kedua, menggunakan eye cream atau krim mata.

Baca juga :  Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan, Tingkatkan Kesehatan Jantung Hingga Perkuat Tulang

Saat berpuasa, jam tidur berubah dan kadang bisa alami kurang tidur. Jika tidak diantisipasi maka menyebabkan mata panda. Jadi jangan lupa menggunakan krim mata.

Ketiga, jangan lupa menggunakan moisturizer. Sebagian orang beranggapan jika memiliki kulit berminyak tidak perlu menggunakan moisturizer.

“Salah, semua kulit butuh pelembab. Termasuk kulit yang berminyak. Tinggal atur bagaimana tekstur pelembabnya, bahan aktif sebaiknya apa. Itu kita atur,” kata dr Dian menambahkan.

Saat berpuasa, coba tingkatkan penggunaan moisturizer satu tingkat dari biasanya. Sehingga lebih terjaga kelembaban dan terhindar dari dehidrasi.

Baca juga :  Mind Diet, Menu Spesial Raih Mimpi, Kisah Tukul Arwana Jadi Panutan

Sebagai informasi, dr Dian mengatakan jika kulit yang alami dehidrasi tidak hanya terjadi pada kulit kering saja. Dehidrasi bisa terjadi pada semua jenis kulit.