Biar Enggak Iritasi, Perhatikan Cara Pakai Soft Lenses Yang Baik Dan Benar

Lensa kontak atau soft lenses merupakan alat bantu optik yang digunakan oleh penderita kelainan mata minus atau rabun. Namun, seiring berjalannya waktu, soft lenses juga berevolusi sebagai pendukung penampilan mata.

Berbagai jenis soft lenses dengan corak dan warna kini bisa dipilih sesuai kebutuhan. Dengan demikian, soft lenses juga bisa digunakan oleh pemilik mata normal untuk keperluan kosmetik.

Sayangnya, pengguna soft lenses berwarna untuk mendukung penampilan kerap mengabaikan cara penggunaan yang baik dan benar.

Fokus utama kaum hawa yang menggunakan soft lenses berwarna lebih ditujukan kepada warna atau efek yang dapat dihasilkan pada mata dibanding aspek kenyamanan dan kesehatannya. Padahal, pemakaian soft lenses yang sembarangan bisa memicu risiko penyakit atau luka pada mata.

Baca Juga: Curhat Atlet Peraih Medali Emas Sutjiati Narendra, Batal ke SEA Games Akibat Pendanaan

Dilansir dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), penggunaan soft lenses dengan higienitas rendah dapat memicu iritasi hingga parasit pemicu kerusakan mata.

Mengingat mata memiliki peran vital dalam kehidupan sehari-hari, berbagai penyakit di atas dapat dihindari dengan cara sederhana, yakni dengan menerapkan kebiasaan memakai dan melepas soft lenses agar tetap bersih dan higienis.

Dikutip dari WebMd, berikut step by step menggunakan dan melepas soft lenses yang benar.

Baca Juga: 7 Pilihan Jurusan Kuliah jika Tertarik dengan Politik, Salah Satunya Sosiologi

Panduan menggunakan dan melepas soft lenses

Sebelum menyentuh soft lensespastikan Kawan Puan sudah mencuci tangan dengan air dan sabun. Kemudian, keringkan tangan dan buka wadah penyimpanan (case) soft lenses satu per satu.

Baca juga :  Cara Mencegah Anak Terpapar Hepatitis, Masak Makanan Yang Bersih Dan Matang Penuh

Gunakan ujung jari untuk mengambil lensa, lalu simpan soft lenses di telapak tangan lain. Bilas lensa menggunakan cairan pembersih dan gosok menggunakan jari manis.

Setelah lensa terbilas, simpan kembali lensa di ujung jari. Pastikan lensa sudah berbentuk seperti mangkok atau tidak terbalik. Kemudian, pasang lensa dengan menggunakan jari telunjuk hingga tidak terasa mengganjal dan nyaman digunakan.

Sementara untuk melepas, lakukan proses pencucian tangan kemudian keringkan. Selanjutnya, cubit soft lenses dengan telunjuk dan jempol. Lakukan proses pencucian seperti sebelumnya dan simpan soft lenses ke dalam wadah yang sudah diganti air rendamannya.

Baca Juga: Riset Mengungkap Ada Sebagian Orang yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah, Ini Tips Membangunnya

Pastikan air rendaman selalu diganti setiap hari. Untuk mencegah iritasi, selalu gunakan cairan pembersih baru untuk membilas dan merendam serta menggunakan tetes mata khusus bagi pengguna soft lenses.

Gunakan soft lenses berkualitas

Hal lain yang tidak kalah penting dalam penggunaan soft lenses adalah menggunakan produk yang tepat. Untuk penggunaan harian, Kawan Puan bisa menggunakan soft lenses dengan material yang memiliki transmisi oksigen tinggi, seperti silicone hydrogel.

Namun, jika Kawan Puan akan menggunakan soft lenses setiap hari dalam durasi yang cukup lama, ada baiknya untuk mempertimbangkan lensa berteknologi layaknya mata sendiri.

Salah satunya melalui kombinasi silicone hydrogel dengan phosphorylcholine (PC) atau dikenal dengan PC-Sihy material.

Baca Juga: 3 Hal Ini Bisa Jadi Alasan Mengapa Kamu Belum Siap Menikah, Apa Saja?

Sebagai informasi, PC-Sihy material merupakan bahan pelapis soft lenses yang memiliki karakteristik yang mirip dengan sel mata manusia. Artinya, memakai lensa dalam waktu panjang pun tetap nyaman dan ringan di mata.

Baca juga :  Ahli Ingatkan Jika Imunitas Yang Terbentuk Bisa Menurun

Di Indonesia, material ini masih tergolong baru. Tapi jangan khawatir, sebab produk ini bisa Kawan Puan coba melalui soft lenses terbaru X2, X2 Ch’i. Sebagai informasi, X2 merupakan produsen soft lenses lokal yang sudah hadir sejak 2001.

Mengingat mata adalah area tubuh yang paling sensitif, X2 pun secara rutin melakukan berbagai inovasi setiap tahunnya. Tujuannya sederhana, X2 ingin memberikan kenyamanan sekaligus tetap membuat mata tetap sehat.

Sebagai produk terbaru, X2 Chi’i membawa sejumlah keunggulan bagi pemakainya. Salah satunya adalah soft lenses ini memiliki hydroloc technology yang mampu menciptakan lembapan alami, didukung dengan sifat hidrofilik PC.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster di DKI Jakarta Hari Ini, Rabu 20 April 2022

Lewat teknologi ini, X2 Chi’i mampu mempertahankan 97 persen kadar air pada lensa, sehingga mata tidak kering meski dipakai hingga 12 jam.

Bagi Kawan Puan yang punya mata sensitif dan kering, X2 Chi’i juga mampu mentransmisikan oksigen hingga 200 persen. Bukan cuma itu, mata juga akan terhindar dari perlekatan bakteri hingga debu. Hasilnya, lensa tidak mudah kotor sehingga meminimlakan kemungkinan iritasi pada mata.

Tekstur lensa yang tipis juga didukung dengan adanya lima warna pilihan, yakni Bliss dengan warna blueGranite dengan warna dark grey, Zen dengan warna brownPure dengan warna blackdan Peace dengan warna grey. Kelima warna lensa ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi anti silau dan anti sinar matahari (UV blocking).

Baca juga :  Gejala Dan Ciri-ciri Virus Hendra, Ini Penjelasan Kenapa Manusia Bisa Terinfeksi Virus Hendra

Menariknya, meski berasal dari Tanah Air, seluruh produk X2 justru diproduksi langsung di Korea Selatan. Termasuk dalam hal teknologi yang dihadirkan.

Baca Juga: Melatih Motorik Halus Anak Melalui Seni, Begini Cara Memulainya

Bagi Kawan Puan yang ingin mencoba varian produk dan warna lain, X2 juga memiliki koleksi lain yang tak kalah lengkap, seperti X2 Bio Series yang memiliki lensa berbentuk donat untuk mengurangi ketebalan lensa.

Kemudian, ada juga X2 Sanso yang mampu menghantarkan oksigen 80 persen lebih tinggi dari material lainnya. Adapun X2 Bio Series memiliki lima kategori produk dengan pilihan warna yang cantik layaknya mata ‘bule’. Sementara, X2 Sanso memiliki tiga kategori produk dengan warna yang lebih natural.

Agar penggunaan soft lenses jauh dari risiko iritasi, X2 juga menyediakan obat tetes mata X2 Contacts dengan kandungan HA Hydroloc System sebagai pelembap buatan. Untuk penggunaan sehari-hari, lensa kontak X2 juga sudah mengantongi izin Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar produk X2 Ch’i dan produk X2 lainnya, kunjungi media sosial X2 di @X2softlensofficial atau melalui website X2 di sini.