Jari-Jari Kaki Yang Menekuk Tak Selalu Pertanda Diabetes, Begini Penjelasan Dokter

Pada kondisi tertentu, ada sebagian orang yang keadaan jari-jarinya menekuk ke bawah. Beredar informasi, jika jari yang menekuk pertanda jika orang tersebut menderita diabetes.

Benarkah? Dokter Santi dari Medical Center Gramedia menjelaskan, memang ada kondisi jari kaki menekuk ke bawah, disebut hammer toe.

Namun, saat mengalami hammer toe, tidak semua jari-jari kaki menekuk ke bawah. Biasanya terjadi pada ibu jari.

“Jika terjadi hammer toe pada ibu jari kaki, ada kelainan bentuk bisa berhubungan diabetes. Tapi umpamanya semua jari menekuk, itu bisa saja karena kebiasaan antar ruas tulang atau penyimpitan rongga. Bisa juga karena pengapuran,” ungkap dr Santi di acara talkshow di Radio Sonora FM, Jumat (15/4/2022).

Baca juga :  7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam, Sakit Kepala Hingga Sulit Konsentrasi

Kondisi ini bisa juga karena kebiasaan. Ada orang yang memiliki jari tidak lurus namun menekuk. Misalnya ketika menggunakan sendal ujung jarinya bertumpu ke bawah.

Sedangkan hammer toe menurut dr Santi merupakan kelainan bentuk tulang dan pada diebetes perlu sangat diwaspadai. Salah satu yang perlu dilakukan adalah perawatan kaki.

“Merawat kaki sangat baik. kalau kaki ada kelainan bentuk, coba ditanyakan ke dokter, karena sulit gak lihat. Apakah memang kebiasaan, bawaan lahir cacat atau gejala dari sebuah kelainan yang pelru ditangani secepatnya,” kata dr Santi lagi.

Baca juga :  Dikhawatirkan Jadi Pandemi, Virus Hendra Dapat Dicegah, Begini Caranya

Tetapi sekali lagi ia menekankan jika perawatan kaki sangat penting. Jadi untuk penderita diabetes, baik saat berpuasa atau tidak, harus menghabiskan waktu setidaknya satu kali untuk cek kaki.

Yang perlu diperhatikan adalah seluruh bagian jari harus kering dan bebas dari air bekas mandi. Kemudian diberi pelembab, dicek kulit apakah adah merah-merah atau luka

Baca juga :  Lama Durasi Sikat Gigi Yang Dianjurkan

“Jangan dianggap enteng. Luka sekecil apa pun, sesederhana apa pun tampak biasa tapi bisa menjadi titik awal amputasi kaki. Jangan bermain main dengan kaki,” pungkasnya.