Self Healing Dianjurkan Untuk Hindari Stres Saat Menstruasi

Stres dapat terjadi pada siapa saja termasuk wanita. Hal ini dapat mempengaruhi menstruasi atau haid menjadi tidak teratur.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan dr. Bram Pradipta Sp.OG menuturkan, pada kondisi stress, produksi hormon – hormon pada tubuh menjadi terganggu, termasuk di antaranya hormon yang berperan dalam proses menstruasi.

Sehingga akan sangat mungkin ketika sedang mengalami stress, pola menstruasi jadi ikut terganggu.

Namun ada cara untuk mengatasi gangguan – gangguan tersebut yakni dengan melakukan self-healing atau give yourself a break.

Sempatkan waktu me time, menghindari makanan yang memicu inflamasi (dairy, kafein, daging merah, alkohol), dan melakukan olahraga ringan untuk mencegah stress, kembung dan mengurangi nyeri perut.

Baca juga :  Gejala Dan Cara Cegah Hepatitis Akut Misterius: Cuci Tangan Hingga Tidak Bergantian Alat Makan

“Ini juga penting, harus menjaga kebersihan area kewanitaan selama menstruasi dengan rutin mengganti pembalut 3 jam sekali, memilih pembalut yang aman untuk kulit dan yang memiliki kandungan ekstrak bahan alami seperti daun sirih yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri agar tidak mudah lembab dan bau,” kata dia dalam acara Healing in Natural Cool Wonderland yang diadakan Softex.

Baca juga :  BPOM Imbau Masyarakat Tak Komsumsi Kinder Joy Sampai Hasil Uji Sampling Keluar

Brand Manager Softex Natural Cool Sandra Napis merekomendasikan, untuk memilih pembalut yang mengandung ekstrak daun mint dan daun sirih.

Kandungan ekstra daun mint pada pembalut tersebut bisa memberikan sensasi dingin alami dan mencegah lembab.

Sedangkan, ekstra daun sirih berperan sebagai antiseptik alami yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah bau.

Event Healing in Natural Cool Wonderland yang diselenggarakan oleh Softex dihadiri ratusan wanita millenial dan penyuka gaya hidup sehat, agar healing sejenak setelah menjalani padatnya aktivitas.

“Pokoknya aku hari ini seneng banget bisa dapet kesempatan untuk dateng ke acaranya Softex Natural Cool, ada edukasi tentang menstruasi, kita juga tadi tuh sempat ada fun activities juga yakan, jadi seru banget hari ini aku berasa healing langsung,” kata Michelle Hendra Park.