Ketahui Tanda Bahaya Dispepsia

Masyarakat kita masih menganggap sepele terkait kesehatan di saluran pencernaan.

Mungkin masih banyak berpendapat jika gangguan pencernaan yang dialami, misalnya dispepsia, tidak akan berdampak serius.

“Sebetulnya memang keluhan yang muncul pada dispepsia paling umum di saluran cerna. Bisa dibilang setiap diri kita, satu kali dalam hidup pernah mengalami. Mungkin ada yang mengalami setiap hari,” ungkap dr Lyon Clement pada siaran Radio Elshinta dikutip , Senin (11/4/2022).

Baca juga :  Cacar Monyet Atau Monkeypox: Asal-usul, Gejala Awal, Dan Langkah Pencegahannya

Oleh karenanya harus melihat dulu apakah dispepsia memunculkan kelainan yang cukup serius atau tidak.

Ia menyarankan untuk mengenali tanda-tanda bahaya dari dispepsia.

Misalnya, muncul rasa terbakar di dalam dada. Ini menandakan salah satu kelainan yang cukup serius. Kondisi ini disebut sebagai GERD.

Selain itu, ada rasa nyeri perut dan perut yang sangat hebat, sampai tidak tertahankan, disertai muntah berwarna kecokelatan, dan darah yang dikeluarkan saluran cerna.

Baca juga :  Bolehkah Menggunakan Sisa Obat Antibiotik Yang Lama Untuk Tangani Infeksi Baru? Begini Penjelasannya

“Itu kejadian yang lebih serius dan harus dibedakan sehari-hari seperti yang kita alami,” katanya lagi

Kemudian dr Lyon pun menyarankan ketika mengalami keluhan di atas, atau ada keluhan lain seperti mual, begah, perlu segera berkonsultasi ke dokter.

“Karena bisa mengetahui penyebabnya, apakah ada sesuatu lebih serius atau pola makan kurang teratur. Bisa dilakukan assessment, bisa diobati dokter sesuai kondisi pasien,” pungkasnya.