Konsumsi Obat Asam Lambung Jenis Lansoprazole Apakah Berbahaya? Berikut Penjelasannya

Proton Pump Inhibitors (PPI) adalah golongan obat yang berguna mencegah dan mengobati asam lambung.

Beberapa jenis obat PPI adalah lansoprazole (prevacid), rabeprazole (aciphex), omeprazole (prilosec, zegerid), dan pantoprazole (protonix).

Lansoprazole mengatasi gangguan pada lambung, seperti tukak lambung, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), dan sindrom Zollinger-Ellison.

Lantas apakah mengonsumsi Lansoprazole dapat berdampak pada kesehatan dan berujung kanker?

Menanggapi hal ini, dr Santi dari Medical Center Gramedia mengatakan jika obat ini pada dasarnya untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Baca juga :  Manfaat Anggur Untuk Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hingga Turunkan Kolesterol

“Fungsinya menghambat pembentukan asam lambung. Kalau asam lambung tidak terbentuk keluhan tertunda. Kalau menyebabkan kaker belum pernah mendengar. Kalau bisa mungkin pemakaian jangaka panjang dan besar,” ungkapnya pada siaran Radio Sonora FM, Sabtu (9/4/2022).

Namun obat ini bisa dibilang tidak berbahaya karena pemakaian sesuai indikasinya diperkenankan. Dan obat ini bukan jenis obat berbahaya dan diawasi sepanjang sesuai indikasi.

Baca juga :  Manfaat Santan Untuk Kesehatan: Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Peradangan

Namun terkadang ada orang yang berobat sendiri tanpa menggunakan resep dokter. Padahal asam lambung mempunyai fungsi. Salah satunya membunuh kuman yang tidak sepantasnya di dalam tubuh.

Kalau kita makan tidak steril 100 persen. Apa lagi jajan sembarangan itu ada bakter. Dan ketika tertelan akan dimusnahkan asam lambung. Karenanya asam lambung tidak boleh dihambat selamanya,” kata dr Santi lagi.

Baca juga :  5 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan: Perbaiki Sindrom Iritasi Usus Hingga Ringankan Nyeri Menyusui

Maka dr Santi harus berbuat sesuai indikasi dokter. Jangan diperpanjang atau diperpendek karena asam lambung berfungsi menjaga tubuh, selain mencerna untuk makanan.