Rasakan Gatal Yang Mengganggu, Istri Legenda Pebulu Tangkis Ini Melawan Eksim, Ini Jurus Jitunya

Keluhan kulit yang diawali dengan gejala gatal dan ruam kemerahan sudah sering terjadi dan dialami oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Apakah kamu termasuk orang yang mengalami gangguan eksim sangat mengganggu seperti kulit kering dan meradang?

Rasa gatalnya seringkali bisa diredakan dengan obat, namun berbeda dengan gatal karena eczema atau eksim. Eksim adalah reaksi alergi pada kulit dengan ciri khas berupa kemerahan, rasa gatal hingga kering bersisik.

Istri legenda pebulu tangkis Indonesia Hariyanto Arbi, Wiwiek Wiral Arbi salah satu yang pernah mengalami eksim.

Founder Biotalk ini berjuang dengan eksim. Ia smepat kesulitan menemukan skincare yang cocok.

“Dulu ketika awal berjuang, sangat sulit menemukan skincare yang cocok. Dari sana muncul keinginan saya untuk membantu orang-orang yang juga memiliki struggle yang sama,” ujarnya dalam keterangan pada .

Penyebab Eksim
Mengutip Halodoc, gangguan kulit eksim memang tidak dapat menular, tetapi hingga kini penyebab umumnya dipicu oleh faktor genetik dan lingkungan.

Penyebab eksim juga berkaitan dengan respons sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif terhadap iritan atau alergen. Respon inilah yang menyebabkan munculnya gejala eksim. Ingin tahu lebih lanjut? Baca pembahasannya di bawah ini!

Baca juga :  Ahli Ingatkan Jika Imunitas Yang Terbentuk Bisa Menurun

Bagaimana Eksim Bisa Terjadi
Kemunculan eksim ditandai dengan rasa gatal pada kulit. Gatal-gatal ini disebabkan oleh beberapa faktor, tergantung pada jenis eksim yang dialami.

Sebagai contoh, gatal-gatal yang terkait dermatitis kontak dapat diakibatkan oleh pewangi, sedangkan jenis eksim lain dipicu oleh cuaca.

Berikut ini hal-hal yang biasa menjadi penyebab eksim terjadi pada seseorang:

Bahan Kimia
Kandungan zat kimia pada produk rumah tangga, seperti pada pembersih dan sabun, dapat mengeringkan kulit dan memicu gejala eksim.

Produk yang mengandung parfum dapat berisiko bagi orang yang mengidap dermatitis kontak alergi. Jenis eksim ini merupakan salah satu bentuk dari reaksi alergi.

Perubahan Suhu Udara Secara Tiba-Tiba
Memiliki kegiatan yang harus berpindah dari gedung yang dingin ke luar ruangan yang panas dan selalu dilakukan secara berulang-ulang ternyata dapat menyebabkan keringat dan kepanasan, sehingga muncul gejala eksim.

Baca juga :  Flu Hingga DBD Rentan Terjadi, Ini Trik Jaga Kesehatan Saat Musim Penghujan Selama Pandemi Covid-19

Penurunan kelembapan yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan kulit kering.

Namun, jenis eksim lain, yaitu dermatitis numular, hanya ditemukan saat musim dingin.

Berkeringat atau Berada di Lingkungan Bersuhu Panas
Peningkatan suhu tubuh dan keringat biasanya menjadi pemicu umum munculnya eksim.

Untuk itu, kondisi yang kering dan sejuk paling baik untuk mereka yang mengidap eksim karena dipicu keadaan ini. Kondisi yang hangat dan lembap dapat menjadi sarang infeksi, karena bakteri hidup di suhu yang lebih tinggi.

Jenis Kain Tertentu
Jenis kain sintetis tertentu atau bahan yang kasar dan membuat gatal seperti wol, dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan eksim.

Sebaiknya hindari jenis kain ini, jika kamu mengamati gejala eksim muncul ketika mengenakan pakaian jenis tertentu.

Pemicu Lainnya
Faktor penyebab yang memperburuk eksim pada seseorang mungkin tidak sama dengan orang lain. Pemicu lainnya adalah stres, alergi makanan, bulu hewan, serta infeksi pernapasan atas.

Baca juga :  Ketua ITAGI Ingatkan Imunisasi Rutin Tetap Dilakukan Jika Tidak Ingin Terjadi KLB

Atasi dengan Skincare Tepat
Upaya Wiwiek mencari skincare yang cocok tak berbuah. Ia akhirnya mencoba membuat produk skincare dan bodycare natural yang aman untuk kulitnya.

“Jadi saya coba bikin produk yang sudah terverifikasi oleh BPOM, sehingga aman untuk digunakan kulit normal maupun sensitif,” ujar Wiwiek.

Menyambut Ramadan tahun ini, Biotalk akan mengadakan kampanye #NoMoreKulitHaus dengan beberapa aktivitas seperti kegiatan berbagi takjil, bincang seru bersama beberapa dokter spesialis kulit, serta menghadirkan hampers Ramadan.

“Dengan #NoMoreKulitHaus kami ingin merangkul para eczema survivor yang berjuang dengan kulit kering dan dehidrasinya. Kami undang beberapa dokter spesialis kulit agar mereka bisa diskusi langsung mengenai eksim dan bagaimana penanganannya,” ujar Wiwiek.