Inovasi Terbaru Cangkok Tulang Untuk Penanganan Fraktur

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan tahun 2018, di Indonesia tercatat angka kejadian fraktur atau patah tulang sebanyak 5,5 persen.

Hal ini disebabkan dari trauma, tekanan maupun kelainan patologis seperti osteoporosis.

Kejadian fraktur yang cukup tinggi di Indonesia, maka perlu diberikan tindakan dan terapi yang tepat agar bisa mempercepat penyambungan tulang yang patah.

“Pada tindakan operasi juga dibutuhkan bonegraft (pengganti tulang yang hilang) yang biasa disebut cangkok tulang,” imbuh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Muhammad Adib Khumaidi, Sp.OT dalam webinar bersama Kalbe Farma, Rabu (6/4/2022)

Baca juga :  Sebelum Berolahraga, Lakukan Konsultasi Ke Dokter Jika Alami Gejala Ini 

Fusi tulang atau penyambungan tulang dan derajat fusi juga lebih cepat serta lebih tinggi dibandingkan dengan autograft.

Selain itu, rasa sakit yang diderita pasien dapat berkurang.

Untuk itu Kalbe melakukan kerja sama dengan CGBio Korea seraya tetap berkomitmen menyediakan produk inovatif Novosis.

Produk inovatif pertama di Indonesia ini untuk penanganan fraktur, fungsinya untuk meningkatkan stimulasi tulang.

Produk telah teruji secara klinis memberikan manfaat dan hasil yang memuaskan.

Baca juga :  Sebagian Negara Di Eropa Tak Wajibkan Warganya Pakai Masker, Kenapa Indonesia Belum Ke Tahap Itu?

Tentunya hal ini akan membantu dokter yang merawat dan berpengaruh pada kualitas hidup pasien yang bersangkutan.

Menurut Ketua Stem Cell and Tissue Enginering Cluster IMERI FKUI, Prof. Dr. dr. Ismail Hadisoebroto Dilogo, Sp.OT. (K), pengalaman secara klinis menunjukkan dengan Novosis tindakan operasi menjadi lebih cepat, cukup di satu lokasi pembedahan.

“Di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo sendiri, sudah banyak penelitian yang memanfaatkan BMP-II dalam perannya sebagai agen osteoinduktif,” ujar Prof. Dr. dr. Ismail Hadisoebroto Dilogo, Sp.OT. (K).

Baca juga :  Anak Suka Memukul Dan Marah, Berikut Penyebab Dan Cara Penanganannya

Bone morphogenetic protein (BMP) merupakan protein yang berperan penting dalam pembentukan dan regenerasi dari tulang dan tulang rawan.

Kalbe terus berkomitmen menyediakan produk-produk inovatif sesuai dengan misi Kalbe, meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik.