4 Manfaat Kurma Medjool Bagi Kesehatan, Dapat Melindungi Hati Hingga Tinggi Antioksidan

Berikut penjelasan dan manfaat dari kurma medjool bagi kesehatan.

Di bulan Ramadhan, kurma menjadi makanan yang dianjurkan terlebih ketika berbuka puasa.

Kurma medjool berasal dari Maroko.

Sedikitnya, ada empat manfaat kurma medjool bagi kesehatan.

Dikutip dari Healthline.com, kurma medjool memiliki rasa yang lebih besar, lebih gelap, dan lebih seperti karamel daripada jenis umum lainnya seperti Deglet Noor.

Kurma medjool adalah jenis kurma yang dinikmati karena rasa manisnya yang alami.

Kurma medjool memiliki rasa yang lebih besar, lebih gelap, dan lebih seperti karamel daripada jenis umum lainnya seperti Deglet Noor.

Sebagai buah batu tropis, mereka memiliki lubang tunggal yang dikelilingi oleh daging yang dapat dimakan.

Kurma medjool berasal dari pohon kurma (Phoenix dactylifera) dan sekarang ditanam di daerah hangat di Amerika Serikat, Timur Tengah, Asia Selatan dan Afrika.

Empat Manfaat Kurma medjool

Baca juga :  8 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Otak, Tips Pencegahan, Dan Cara Menerapkannya

1. Melindungi Hati

Serat dan antioksidan dalam kurma medjool dapat membantu melindungi jantung Anda.

Serat dapat membantu menurunkan LDL Anda yang buruk, kolesterol dan menjaga arteri Anda bersih, mengurangi risiko penyakit jantung.

Dua buah kurma mengandung lebih dari 3 gram serat.

Satu studi menemukan bahwa medjool dan varietas kurma lainnya menurunkan LDL dan mencegah penumpukan plak di arteri.

Akumulasi plak pada akhirnya dapat menghalangi aliran darah, menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kurma medjool juga merupakan sumber antioksidan yang kaya, yang membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Antioksidan karotenoid dan asam fenolat keduanya telah dipelajari untuk efek menguntungkannya pada kesehatan jantung.

2. Tinggi Antioksidan

Kurma medjool memiliki beberapa antioksidan yang dapat melindungi sel Anda dari kerusakan oksidatif.

Kerusakan oksidatif dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit otak.

Baca juga :  Amankah Bawa Bekal Makanan Dengan Wadah Plastik Saat Mudik? Begini Penjelasan Dokter

Kandungan dalam kurma medjool termasuk flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik, yang telah dipelajari untuk sifat anti-inflamasi, antikanker, dan pelindung otaknya.

3. Mendukung Kesehatan Tulang

Kurma medjool mengandung sedikit kalsium dan merupakan sumber potasium, mangan, dan tembaga yang layak, yang semuanya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan tulang.

4. Bahan Bakar Alami

Kurma medjool menawarkan sejumlah besar karbohidrat dalam porsi kecil.

Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh Anda.

Nutrisi kurma medjool

Kurma medjool merupakan sumber nutrisi sehat terkonsentrasi.

Dua kurma (48 gram) menyediakan nutrisi sebagai berikut:

Kalori: 133

Karbohidrat: 36 gram

Serat: 3,2 gram

Protein: 0,8 gram

Gula: 32 gram

Lemak: 0 gram

Kalsium: 2% dari Nilai Harian (DV)

Besi: 2% dari DV

Kalium: 7% dari DV

Tembaga: 19% dari DV

Vitamin B6: 7% dari DV

Baca juga :  Anak Sakit Perut, Jangan Anggap Enteng! Bisa Jadi Si Kecil Mengidap Penyakit Ini

Magnesium: 6% dari DV

Kurma menawarkan banyak serat dan berbagai vitamin dan mineral, termasuk zat besi, kalium, vitamin B, tembaga dan magnesium.

Dibandingkan dengan varietas umum lainnya seperti Deglet Noor, kurma medjool mengandung lebih banyak kalsium.

Kandungan Kalori dan Gula

Kurma merupakan sumber gula alami terkonsentrasi.

Namun, kurma medjool mengemas banyak kalori dalam porsi kecil.

Buah kering, yang juga termasuk kismis, aprikot kering, dan plum, mengandung lebih banyak kalori per porsi daripada buah segar karena mengandung lebih sedikit air.

Sebagian besar kalori dalam kurma medjool berasal dari gula.

(/Nadya)