TIPS PUASA SEHAT – Cegah Perut Begah, Perbanyak Serat Dan Cairan

 Puasa Ramadan dapat membantu kita menurunkan berat badan, merasa lebih berenergi, dan bahkan meningkatkan pencernaan.

Namun, salah makan akan menyebabkan perut tiba-tiba terasa lebih kembung atau begah.

Jika ini terjadi maka, kita mungkin perlu mengubah strategi makan di saat berbuka puasa dan sahur.

Puasa Ramadan melibatkan puasa selama 14 jam dan makan selama 10 jam (disebut 14:10). Meskipun kita tidak akan merasa kembung saat berpuasa, kita mungkin akan merasa tidak enak di perut.

Baca juga :  Kenali Faktor Risikonya, Kanker Serviks Bisa Dicegah

“Puasa sehari penuh diikuti dengan makan besar, kaya natrium dan rendah serat pasti akan menyebabkan kembung,” Iris Lami, ahli gizi bersertifikat ACE di Kealakekua, Hawai di Amerika Serikat.

Di luar itu, ada juga masalah tetap terhidrasi. “Jika Anda tidak berpuasa dengan benar dan minum banyak cairan, itu bisa memperlambat pencernaan Anda,” jelas Iris.

Baca juga :  Ketua ITAGI Ingatkan Imunisasi Rutin Tetap Dilakukan Jika Tidak Ingin Terjadi KLB

“Itu berarti juga butuh waktu lama bagi tubuh Anda untuk mengeluarkan makanan dengan benar setelah puasa, bahkan jika puasa tidak memiliki efek merusak.” Dengan kata lain, Anda akhirnya kembung karena sembelit.

Jadi, tetap berpegang pada periode puasa yang lebih singkat, minum banyak air sepanjang hari, dan isi saat makan dengan produk kaya serat dan lemak sehat untuk menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat. (*)

Baca juga :  10 Manfaat Kacang Almond: Memelihara Kesehatan Kulit Hingga Mengobati Anemia

Gridhealth